METODE PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA KELAS III B DI MI YA BAKII KESUGIHAN 01 CILACAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: SitiMukaromah, NIM. 1423305170
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4602/1/JUDUL%2C%20BAB%201%2C%20BAB%205%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4602/2/skripsi%20full%20SITI%20MUKAROMAH.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4602/
Daftar Isi:
  • Metodepembelajaranmerupakanseluruhperencanaandanprosedurmaupunlangkah-langkahdalam proses kegiatanpembelajarantermasukdalamcarapenilaian yang akandilaksanakan. IlmuPengetahuanAlam (IPA) merupakansalahsatupengetahuan yang diajarkan di SD/MI. Penelitianinidilatarbelakangiolehpembelajaran IPA yang masihberpusatpada guru dansiswakurangdilibatkandalam proses pembelajaran. Dalampenelitianinipenelitimenggunakanmetodepenelitianfield researchataupenelitianlapanganyaitustudi empiric dengancaraterjunlangsung di kelas. Penelitianinidisebutpenelitiandeskriptifyaitusuatubentukpenelitian yang ditunjukanuntukmendeskripsikanfenomena-fenomenaalammaupunfenomenabuatan.Metodepengumpulan data penelitimelaluiobservasi, wawancaradandokumentasi. Berdasarkanhasilpenelitian yang penelitilakukanialahpembelajaran IPA PadaKelas III B di MI Ya BAKII Kesugihan 01 Cilacapmenggunakanmetodepembelajaran yang bervariasiantara lain: MetodeCeramah, Metode Tanya jawab, MetodeDemonstrasi, MetodeDiskusi, MetodePemberiantugas, MetodeEksperimen. PenerapanmetodepembelajaranIlmuPengetahuanAlam (IPA) yang dilakukanoleh guru kelas III B MI Ya BAKII Kesugihan 01 Cilacapsudahsesuaidenganteoriparaahli.Pada proses pembelajaran IPA guru mengkombinasikanataumenggabungkanatarametodepembelajaran yang satudenganmetodepembelajaran yang lain sesuaidengantingkatperkembangandanpemahamansiswaterkadang guru melakukaninovasidalammenggunakanmetodepembelajaran yang disesuaikandengantujuanpembelajaransertamateri yang akandisampaikandalam proses pembelajaranberlangsung.