ctrlnum 4577
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4577/</relation><title>EFEKTIVITAS PERAN PASAR TRADISIONAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF MOTIVASI (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Rempoah II)</title><creator>Anisa Nur Mailinda, NIM. 1423203090</creator><subject>381 Internal commerce (Domestic trade)</subject><description>Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar. Perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih memilih bertransaksi di pasar modern menyebabkan peran pasar tradisional dalam kehidupan masyarakat mulai terpinggirkan. Daya beli yang rendah membuat sebagian pedagang Pasar Rempoah II hanya beroperasi pada hari minggu saja, yang ramai pengunjung. Oleh karena itu, perlu ditelusuri hal apa yang mendorong atau memotivasi pedagang dalam beroperasi dan bekerja selama ini. Karena, motivasi sangatlah penting. Dengan motivasi ini diharapkan setiap individu karyawan mau bekerja keras dan antusias untuk mencapai produktivitas yang tinggi. Selain itu, motivasi juga bertujuan untuk mengefektifkan pengadaan karyawan dalam suatu organisasi/lembaga.&#xD; Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Melalui pendekatan metode deskriptif-kualitatif, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas peran pasar tradisional ditinjau dari perspektif motivasi pada pedagang Pasar Rempoah II. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.&#xD; Peran pasar tradisional pada pedagang Pasar Rempoah II sudah berjalan cukup efektif. Hal ini, diukur dengan enam indikator efektivitas yaitu indikator laba/penghasilan, kemangkiran, semangat kerja, motivasi, kepuasan, dan kepaduan-konflik konflik-kompak. Setelah dilakukan penelitian, secara keseluruhan peran pasar dapat dikatakan cukup efektif. Hanya saja, jika dilihat dari indikator kepuasan, peran pasar tradisional bagi pedagang Pasar Rempoah II kurang efektif.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4577/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4577/2/ANISA%20NUR%20MAILINDA_EFEKTIVITAS%20PERAN%20PASAR%20TRADISIONAL%20DITINJAU%20DARI%20PERSPEKTIF%20MOTIVASI.pdf</identifier><identifier> Anisa Nur Mailinda, NIM. 1423203090 (2018) EFEKTIVITAS PERAN PASAR TRADISIONAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF MOTIVASI (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Rempoah II). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>4577</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Anisa Nur Mailinda, NIM. 1423203090
title EFEKTIVITAS PERAN PASAR TRADISIONAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF MOTIVASI (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Rempoah II)
publishDate 2018
isbn 9781423203094
topic 381 Internal commerce (Domestic trade)
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4577/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4577/2/ANISA%20NUR%20MAILINDA_EFEKTIVITAS%20PERAN%20PASAR%20TRADISIONAL%20DITINJAU%20DARI%20PERSPEKTIF%20MOTIVASI.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4577/
contents Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar. Perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih memilih bertransaksi di pasar modern menyebabkan peran pasar tradisional dalam kehidupan masyarakat mulai terpinggirkan. Daya beli yang rendah membuat sebagian pedagang Pasar Rempoah II hanya beroperasi pada hari minggu saja, yang ramai pengunjung. Oleh karena itu, perlu ditelusuri hal apa yang mendorong atau memotivasi pedagang dalam beroperasi dan bekerja selama ini. Karena, motivasi sangatlah penting. Dengan motivasi ini diharapkan setiap individu karyawan mau bekerja keras dan antusias untuk mencapai produktivitas yang tinggi. Selain itu, motivasi juga bertujuan untuk mengefektifkan pengadaan karyawan dalam suatu organisasi/lembaga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Melalui pendekatan metode deskriptif-kualitatif, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas peran pasar tradisional ditinjau dari perspektif motivasi pada pedagang Pasar Rempoah II. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peran pasar tradisional pada pedagang Pasar Rempoah II sudah berjalan cukup efektif. Hal ini, diukur dengan enam indikator efektivitas yaitu indikator laba/penghasilan, kemangkiran, semangat kerja, motivasi, kepuasan, dan kepaduan-konflik konflik-kompak. Setelah dilakukan penelitian, secara keseluruhan peran pasar dapat dikatakan cukup efektif. Hanya saja, jika dilihat dari indikator kepuasan, peran pasar tradisional bagi pedagang Pasar Rempoah II kurang efektif.
id IOS3655.4577
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2019-05-06T07:47:56Z
last_indexed 2020-01-16T04:49:32Z
recordtype dc
_version_ 1763141799715536896
score 17.538404