ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP N 2 KEMBARAN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018 SITI CAHYATI 1423301157
Main Author: | SITI CAHYATI, 1423301157 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4568/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4568/2/SITI%20CAHYATI_ANALISIS%20BUTIR%20SOAL%20ULANGAN%20AKHIR%20SEMESTER%20GASAL%20MATA%20PELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISL.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4568/ |
Daftar Isi:
- Evaluasi hasil belajar merupakan rangkaian tindakan yang tidak terpisahkan dengan proses pembelajaran. Guru sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing setiap saat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab, sehingga evaluasi menempati posisi yang sangat strategis dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP N 2 Kembaran Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/ 2018 ditinjau dari analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda serta analisis pengecohnya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis datanya dengan menggunakan program Anates Versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 45 butir soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP N 2 Kembaran Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/ 2018 berdasarkan analisis empirik yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, serta analisis pengecoh diperoleh rincian bahwa secara validitas 40 butir soal tergolong valid, reliabilitas soal sebesar 0,79 yang berarti instrumen soal dinyatakan reliabel, tingkat kesukaran butir soal mayoritas tergolong sedang, daya pembeda butir soal mayoritas tergolong cukup baik, serta analisis fungsi pengecohnya dapat dikatakan berfungsi dengan baik 49% karna alternatif jawaban butir soal dipilih oleh lebih dari 5% testee dan sisanya tidak berfungsi dengan baik. Kata kunci: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, fungsi pengecoh.