PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH HIDAYATUL MUBTADI’IN DESA BOJONG KECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL Khoerul Imam NIM.1323308084

Main Author: Khoerul Imam, .1323308084
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4564/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4564/2/KHOERUL%20IMAM_PEMBINAAN%20AKHLAK%20SANTRI%20DI%20MADRASAH%20DINIYAH%20TAKMILIYAH%20HIDAYATUL%20MUBTADI%E2%80%99IN%20.PDF
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4564/
Daftar Isi:
  • Perkembanganilmupengetahuandanteknologisertabudaya yang semakinmajumemudahkansemua orang untukmenggunakanhasilkaryamanusiaitusendiri.Segalasesuatudapatdiaksesdengancepatdanmudah, begitupunjugaanak-anakdengansegalakeingintahuannyaselalumencobauntukmenggunakankemajuanteknologi, kemajuanteknologiternyatatelahmembukaaksesbagianak-anakuntukmelihatdunialuar.Aksikekerasandan sex bebasdikalanganpelajarjugasalahsatuakibatdarikemajuanteknologiitusendiri.Degradasi moral danakhlakseharusnyadapatditekandenganmemberikanpendidikan agama sertapengawasanorangtuadalampergaulan di lingkungansekolahmaupunlingkungananakbermain. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmenganalisis proses danhasilpembinaanakhlaksantri di Madrasah DiniyahTakmiliyahHidayatulMubtadi’in. Penelitianinimenggunakanmetodekualitatifdanmengambillokasi di Madrasah DiniyahTakmiliyahHidayatulMubtadi’inDesaBojongKecamatanBojongKabupatenTegal.Metodepengumpulan data yang digunakanadalahObservasi, wawancaradandokumentasi. Proses analisis data dalampenelitiankualitatifdilakukansetelah proses pengumpulan data. Dengandemikianpengumpulan data dilakukanolehpenelitidengandiikutiolehpekerjaanmenuliskan, mengedit, mengklarifikasi, mereduksi, menyajikandanmenarikkesimpulanatauverifikasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa wujud pembinaan akhlak di Madrasah DiniyahTakmiliyahHidayatulMubtadi’indilakukanmelaluipengajaran kitab-kitab klasik seperti Akhlak Libanin dan Akhlak Libanat, selain itu kegiatan seperti mengucap salam ketika masuk kelas, mengawali dan mengakhiri pelajaran dengan berdo’a, kegiatan sholat ashar berjama’ah, kegiatan rutin infaq setiap minggu, serta pembiasaan kedisiplinan dan pembiasaan hidup bersih di lingkungan madrasah. Dan metode yang digunakandalampembinaanakhlakyaitudengan metodeketeladanan,metodenasihat, danmetodepembiasaan. Kata kunci :PembinaanAkhlak, Santri, Madrasah Diniyah