PENGEMBANGAN KREATIVITAS GERAK SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRKURIKULER SENI TARI DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI Eka Suci Nurul Aini 1223305028
Main Author: | Eka Suci Nurul Aini, 1223305028 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4558/1/Eka%20Suci%20Nurul%20Aini__Pengembangan%20Kreativitas%20Gerak%20Siswa%20Melalui%20Kegiatan%20Ekstrakurikuler%20Seni%20T.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4558/2/KOVER__BAB%20I__BAB%20V__DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4558/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan kreativitas gerak sangat dibutuhkan pada anak-anak usia sekolah dasar.Banyak hal yang dapat dilakukanuntukmengembangkan kreativitas gerak pada anak, baik dalam ranah pendidikan formal maupun non formal. Dalam pendidikan non formal pengembangan kreativitas gerak melalui kegiatan ekstrakurikuler. Melalui ekstrakulikuler inilah, anak lebih bisa mengekspresikan serta mengeksplor dirinya. Karena itu pihak sekolah harus memberi ruang yang lebihbagi anak-anak dengan memfasilitasi serta memvariatifkan ekstrakurikuler yang ada. Setiap siswa mempunyai kreativitas, dalam kreativitas gerak harus dikembangkan. Apakah proses kreativitas gerak dapat dikembangkan? Bagaimana proses pengembangannya? Bagaimana kreativitas gerak siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari dapat dikembangkan? Dalam pembelajaran ekstrakurikuler, salah satu jenis seni yang biasa diajarkan pada anak-anak adalah seni tari. kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MI Ma’arif NU 1 Pageraji terdapat proses pengembangannya, yaitu proses penyeleksiaan, proses pelaksanaan, dan proses pengembangan. Proses penyeleksian sendiri dilakukan melalui angket, sosialisasi, dan performa. Pelaksanannya dilakukan melalui 3 kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir.Dan pengembangannya ada 4 gerakan, yaitu gerak bebas, gerak meniru, gerak melanjutkan, Gerakan menggunakan Musik dan tidak mengguanakn musik.