IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SDIT MUHAMMADIYAH CIPETE KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Sri Wulandari, NIM. 1423301071 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4546/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4546/2/SRI%20WULANDARI_IMPLEMENTASI%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%20PEDULI%20LINGKUNGAN%20DI%20SDIT%20MUHAMMADIYAH%20CIPETE%20KECA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4546/ |
Daftar Isi:
- Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan merupakan gambaran proses pelaksanaan berbagai upaya sekolah yang bekerjasama dengan pihak lain yang terkait dalam membantu membentuk dan mengembangkan karakter peserta didik peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakterpeduli lingkungan diSDIT Muhammadiyah Cipete Cilongok.. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SDIT Muhammadiyah Cipete Kabupaten Banyumas? Metode pengumpulan data yang di gunakan antara lain: (a) Metode observasi, metode ini di gunakan untuk memperoleh data terkait implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah. (b) Metode wawancara, dengan menggunakan wawancara semiterstruktur (c) Metode dokumentasi, metode ini digunakan untuk memperoleh data terkait sekolah dan data pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter peduli lingkungan di SDIT Muhammadiyah Cipete Kabupaten Banyumas dilaksanakan dengan cara (1)Kegiatan Intrakulikuler Sekolah meliputi pengintegrasian dalam mata pelajaran, pengembangan pembelajaran dikelas dengan penerapan materi yang berhubungan dengan peduli lingkungan. serta pengembangan pembelajaran sekolah dengan praktek penanaman tanaman .(2) Kegiatan Ko Kulikuler sekolah meliputi kegiatan rutin piket dan kegiatan sabtu sehat sabtu bersih, kegiatan spontan, keteladan, dan pengkondisian sekolah. (3) Kegiatan Ekstrakulikuler sekolah meliputi kegiatan ektrsakulikuler dan mengadakan kegiatan diluar sekolah