IMPLEMENTASI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO
Main Author: | Putri Resmi Utami, NIM. 1423301241 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4544/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4544/2/PUTRI%20RESMI%20UTAMI%20_IMPLEMENTASI%20PROGRAM%20FULL%20DAY%20SCHOOL%20DALAM%20PEMBENTUKAN%20AKHLAK%20SISWA%20DI%20SDIT%20HA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4544/ |
Daftar Isi:
- Semakin hilangnya nilai-nilai agama, semakin deras arus pergeseran dan kemerosotan moral yang menimbulkan kegelisahan masyarakat, sehingga lembaga pendidikan sebagai penanggung jawab dalam memberikan pendidikan, menjaga dan memperkokoh moral bangsa harus mampu meningkatkan mutu dari pendidikan, salah satunya dengan penyelenggaraan belajar sehari penuh (full day school), dalam program ini tidak hanya memberi pengetahuan saja tetapi juga memberikan pendalaman tentang agama sebagai media pembentukan akhlak. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana implementasi program full day school dalam pembentukan akhlak siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan mendeskripsikan tentang implementasi program full day school dalam membentuk akhlak siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek peneltian ini adalah Implementasi program full day school dalam pembentukan akhlak siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (conclusion drawings). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program full day school dalam pembentukan akhlak siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto melalui kegiatan pembelajaran maupun kegiatan diluar jam pelajaran dan kegiatan yang dilakukan secara terprogram baik harian (penyambutan siswa, shalat dhuha, dzikir pagi, hikmah pagi, jurnal pagi, hafalan Al-Qur’an dan lain-lain) ,mingguan (upacara, ekstrakurikuler, infaq halaqah, dan lain-lain), tahunan (mabit, pesantren ceria ramadhan dan lain-lain), incident (Bimbingan belajar, bimbingan lomba, dan sumbangan musibah). Metode dalam membentuk akhlak dengan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode pemberian nasihat, metode kisah, metode pendampingan, metode appersepsi dan metode telaah ayat dan hadis.