UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS X DI SMK MA’ARIF NU 1 SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: UlfahMa’rifatunRizqiani, .1423301117
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4533/1/full%20depan%2C%20bab%201%20dan%20bab%205%2C%20daftar%20pstaka.pdf.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4533/2/SKRIPSI%20ULFAH%20fix.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4533/
Daftar Isi:
  • Latarbelakangpenelitianiniadalahpentingnyabagiumatmuslimuntukmembacadanmempelajari Al-Qur’an. Dalamkehidupansehari-hari Al-Qur’an adalahsebagaipedomanhidupmanusiadansumberdariajaran Islam.Ketikaseseorangtidakmempunyaipeganganhidupmakaibaratdebu yang dihembusangin, iaakanmudahterpengaruhdantidakmempunyaipendirian. Belajarmembaca Al-Qur’an bisadiselenggarakan di rumah, di pondok, di sekolah, di TPA masjid ataumusholadansebagainya.Pembelajaran Al-Qur’an di sekolahbiasanya di ajarkanoleh guru Agama.Akan tetapi di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuhinimasih di dapatisiswa yang belumbisamembaca Al-Qur’an.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah “Bagaimanaupaya guru PAI dalammengatasikesulitanmembaca Al-Qur’an padasiswakelas X di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh? Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahauiupaya-upayaapasaja yang di lakukan guru PAI dalammengatasikesulitanmembaca Al-Qur’an padasiswanya.Adapunmanfaatdaripenelitianiniadalahsebagaiwacanabagimahasiswa IAIN Purwokertoataubagisiapasaja yang membacanyasertadapatdigunakansebagaiacuanuntukpenelitian yang selanjutnya. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan yang bersifatdeskriptifkualitatif.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahobservasi, wawancaradandokumentasi.Dalammenganalisis data, penulismenggunakanmatodeanalisis data dandeskriptifkualitatif, denganlangkah-langkahreduksi data, penyajian data dananalisis data. Berdasarkanhasilpenelitiandananalisis data makadapatdisimpulkanbahwa: kesulitan yang dihadapisiswadalammembaca Al-Qur’an padasiswakelas x di SmkMa’arif NU 1 Sumpiuhberupa:a) lemahnyapemahamansiswaterhadaphurufhijaiyah, b) kesulitandalammembacahurufarab yang telahdirangkai,c) penerapanhurufbelumsesuaimakharijulhuruf, d) belumbisamenerapkanhukumbacaantajwid. Upaya-upayauntukmengatasikesulitanmembaca Al-Qur’an tersebutantara lain: a) membiasakanwaktukepadapesertadidikuntukmembaca Al-Qur’an, b) pemberiantugas, c) menggunakanmetodebelajar yang bervariasi,d)mengadakanextrakurikuler BTA, e)adanya jam pembelajarankhusus