PENGARUH PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN KELAS IV MI DARWATA PADANGSARI KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP

Main Author: Afriliani Zulaihah, 1423305046
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4525/1/AFRILIANI%20ZULAIHAH_PENGARUH%20PENDEKATAN%20INDUKTIF%20TERHADAP%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20MATEMATIKA%20MATERI%20PENJU.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4525/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4525/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan pembelajaran Matematika di MI Darwata Padangasari Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap kurang optimal, karena selama pembelajaran Matematika berlangsung memang tidak semua siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep Matematika yang disampaikan oleh guru. Akan tetapi hanya sedikit siswa yang dapat memahami konsep Matematika tersebut. Hal ini mendorong peneliti untuk mengukur sejauh mana kasus pendekatan yang digunakan oleh guru dapat mempengaruhi tingkat pemahaman konsep dalam materi Matematika, khususnya dalam materi penjumlahan bilangan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pendekatan induktif dengan desain tabel penjumlahan bilangan dengan siswa yang menggunakan pendekatan induktif menggunakan penjumlahan bilangan secara langsung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep Matematika siswa yang menggunakan pendekatan induktif dengan desain tabel penjumlahan bilangan dengan siswa yang menggunakan pendekatan induktif menggunakan penjumlahan bilangan secara langsung pada siswa kelas IV MI Darwata Padangsari. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darwata Padangsari tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 40 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian eksperimen, Quasi Eksperiment yang diterapkan dalam nonequivalent-control group design. Analisi data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji indepedent sample t-test untuk uji hipotesis karena sampel berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya untuk mengetahui peningkatan hasil nilai siswa dilakukan analisis uji-t data N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa nilai siswa yang menggunakan pendekatan induktif dengan desain tabel penjumlahan bilangan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pendekatan induktif dengan desain penjumlahan bilangan secara langsung serta terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan hasil post test kelas eksperimen 48,25 dan kelas kontrol 41,25. Sedangkan hasil uji t data post test dan N-Gain diperoleh nilai signifikan 0,003 < 0,005 yang membuktikan bahwa pendekatan induktif lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep Matematika siswa materi penjumlahan bilangan.