KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-IHYA ‘ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP
Main Author: | Irfan Setiadi, NIM. 1522606014 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4465/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4465/2/IRFAN%20SETIADI_KARAKTERISTIK%20PEMBELAJARAN%20KITAB%20KUNING%20DI%20PONDOK%20PESANTREN%20AL%20IHYA%20ULUMADDIN%20KESUG.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4465/ |
Daftar Isi:
- Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang Islami dan merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Pada awal didirikannya, pesantren tidak semata-mata ditujukan untuk memperkaya pikiran santri, tetapi juga untuk meninggikan moral (akhlak), melatih mempertinggi semangat, menghargai nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan, mengajarkan tingkah laku yang jujur dan bermoral dan mempersiapkan para santri untuk hidup sederhana serta bersih hati. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang berfungsi mentransmisikan dan mewariskan tata nilai kepada santrinya tidak dapat lepas dari unsur pengajaran kitab kuning. Terlebih, pengajaran kitab kuning merupakan salah satu komponen utama pesantren untuk melahirkan lulusan yang tafaqquh fī ad-dīn. Pengajaran kitab kuning merupakan salah satu faktor dari pengembangan ajaran Islam. Karena dapat diperhatikan secara akurat bahwa ajaran-ajaran dalam Islam ditulis dalam kitab kuning. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pembelajaran kitab kuning dan karaktersitik pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi yang memadukan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengasuh, kyai bidang akademik, biro pendidikan, ketua madrasah diniyah, ustaẓ, dan santri. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) strategi pembelajaran kitab kuning yang digunakan adalah bandongan, sorogan, hafalan, klasikal dan majlis ta’lim. Bidang studi yang diajarkan di pesantren ini meliputi beberapa aspek ilmu-ilmu keislaman seperti ushul fikih, nahwu, fikih, tauhid, akhlak/tasawuf, dan hadits. 2) Karakteristik pembelajaran kitab kuning pada semua strategi pembelajaran tersebut di atas, ada prinsip yang melekat yaitu prinsip tabarruk.