Daftar Isi:
  • Dalammenghadapiperkembanganperekonomiannasional yang senantiasabergerakcepat, kompetitif, danterintegrasidengantantangan yang semakinkomplekssertasistemkeuangan yang semakinmaju, diperlukanpenyesuaiankebijakandibidangekonomi, termasukperbankan, salahsatunyaadalah bank syariahkarenakebutuhanmasyarakatIndonesia akanjasa-jasaperbankansyariahsemakinmeningkat.Bank sebagaiperusahaan yang menyediakanjasalayanankepadanasabah, pelayanandankepuasanpelangganadalahmerupakantujuanutamadalamperusahaankarenatanpapelanggan, perusahaantidakakanada. Pelangganadalahkunciuntukmeraihkeuntungan.TidakhanyaPelayananPrima, namun bank jugaharusmemilikistarategi yang baikuntukmenunjangpelayanan yangsudahadamenjadipelayanan prima denganstrategi yang dimilikiperusahaan. Penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan (field Research) sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi,, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya berkaitan dengan model analisis data adalah model analisis deskriptif dimana mendeskripsikan tentang masalah sebelum dilapangan dan sesudah di lapangan. Dari hasil penelitian ini, strategi yang di gunakan dibagi menjadi dua kategori yaitu strategi pelayanan yang mendasar ada bersikap ramah, menggunakan seragam sesuai ketentuan. Untuk kategori yang kedua ada strategi pelayanan yang utama meliputi pelayanan prima (service excellence), mengadakan roleplay dan bukti fisik (material). Dan upaya yang dilakukan oleh frontliner guna mencapai kepuasan nasabah menerapkan ke lima prinsip Pelayanan Islam dalam berinteraksi dengan nasabahnya yaitu prinsip persamaan, prinsip kekeluargaan, prinsip saling mencintai dengan sepenuh hati, prinsip tolong menolong, prinsip mempermudah.