NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAT AL-HUJURAT AYAT 11-13 (Kajian Tafsir Al-Mishbah Karya Prof. Dr. M. Quraish Shihab)

Main Author: Siti Ngaisah, NIM : 1423301202
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4407/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4407/2/SITI%20NGAISAH_NILAI-NILAI%20PENDIDIKAN%20AKHLAK%20DALAM%20SURAT.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4407/
Daftar Isi:
  • Mengingat pentingnya pendidikan Islam yang meliputi akhlak, aqidah, dan syariat, bagi terciptanya kondisi lingkungan yang harmonis, diperlukan upaya serius untuk menanamkan nilai-nilai tersebut dan pastinya yang sesuai dengan alQur’an dan al-Hadits. Dimana salah satu poin tersebut adalah akhlak al-karimah yang merupakan sarana untuk mencapai kesuksesan dunia dan akhirat, dengan akhlak pula seseorang akan diridhai oleh Allah SWT, dicintai oleh keluarga dan manusia pada umumnya. Surat al-Hujurat ayat 11-13 memiliki kandungan (makna) tentang pendidikan akhlak yang sangat dalam bahkan surat al-Hujurat sendiri dinamai oleh sebagian ahli tafsir sebagai surat Al-Akhlaq. Khususnya mengenai kandungan ayat 11 sampai 13 merupakan masalah yang banyak terjadi dan tetap aktual di dalam masyarakat dan kehidupan bermasyarakat, maka perlu adanya penelitian tentang isi kandungan ayat tersebut melalui kajian tafsir. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) nilainilai akhlak apa yang terkandung dalam Surat al-Hujurat ayat 11-13 (2) nilai-nilai pendidikan akhlak apa yang terkandung dalam Surat al-Hujurat ayat 11-13 (3) implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak di Surat al-Hujurat ayat 11-13 terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk library research, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam menganalisa data yang telah terkumpul peneliti menggunakan metode countent analisys atau analisis isi yaitu metodologi penelitian yang memanfaatkan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan yang sahih dari sebuah buku atau dokumen. Analisis tersebut mengacu kepada dokumen yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada dalam surat al-Hujurat ayat 11-13 adalah pendidikan akhlak yang menjunjung tinggi kehormatan sesama muslim, pendidikan akhlak untuk menghindari sifatsifat yang tercela, pendidikan bertaubat dan bertaqwa, pendidikan sosial kemasyarakatan yang meliputi pendidikan kesamaan derajat, menghargai perbedaan, dan saling mengenal satu sama lain (ta’aruf).