PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU KARANGNANGKA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Ismi Armilatu Syarofah, 1423305019 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4396/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4396/2/ISMI%20ARMILATU%20SYAROFAH_PELAKSANAAN%20PEMBELAJARAN%20KURIKULUM%202013%20DI%20KELAS%20IV%20MADRASAH%20IBTIDAIYAH%20MA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4396/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, model pembelajaran, serta faktor penghambat dalam pembelajaran Kurikulum 2013 di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru, siswa Kelas IV, dan Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu pdoman observasi, pedoman wawancara, pedoman analisis RPP. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan langkah guru dalam menyusun RPP yaitu memilih tema, mengakaji buku guru, mengkaji silabus, kemudian menyusun RPP. RPP yang disusun guru sudah sesuai konsep Kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 guru sudah melaksanakan pembelajaran tematik integratif, menggunakan pendekatan pembelajaran scientific, dan model pembelajaran yang sesuai dengan konsep Kurikulum 2013. Dalam penilaian pembelajaran Kurikulum 2013, guru sudah menggunakan penilaian Autentik untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. penilaian Autentik yang digunakan guru antara lain penilaian sikap, penilaian portofolio, dan tertulis. Metode yang digunakan guru yaitu, menggunakan metode ceramah, diskusi, penugasan dan tanya jawab.