Daftar Isi:
  • Suatu program dapatdikatakanefektifapabilamemenuhibeberapakriteriadiantaranyasepertikejelasantujuan yang hendakdicapai, kejelasanstrategipencapaiantujuan, proses analisisdanperumusankebijakan yang mantap, perencanaan yang matang, penyusunan program yang tepat, tersedianyasaranadanprasaranakerja, pelaksanaan yang efektifdanefisien, sifatpengawasandanpengendalian yang mendidik. SMA Negeri 1 SokarajasebagaiSekolahpenyelenggaraPendidikanBerbasisKeunggulanLokalMembatik (PBKL) sejaktahun 2009 memasukkanmatapelajaranmembatikkedalamKurikulumMuatanLokalnya. Tujuandaridiadakannyakurikulummuatanlokalmembatik di sekolahtersebutadalahsekolahinginmemberikanpengetahuankepadasiswa yang tadinyatidaktahu batik, tidakdapatmembuat batik, tidakmenyukai batik menjaditahu batik, tahucaramembuat batik danmenyukai batik, sertasekolahjugainginmencetakgenerasipenerusbudaya batik di daerahSokaraja, Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah: “BagaimanaEfektivitasPenerapanKurikulumMuatanLokalMembatikbagiSiswa Program Studi di SMA Negeri 1 Sokaraja?” Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmengetahuilebihlanjuttentangefektivitaskurikulummuatanlokalmembatikbagisiswa di SMA Negeri 1 Sokarajasertakendala-kendala yang dialamidalampengembanankurikulummuatanlokalmembatiktersebut.Jenispenelitianini, merupakanpenelitianlapangan (field research) danpenelitianinidigolongkankedalamdeskriptifkualitatif.Pengumpulan data penelitianinimenggunakanmetodewawancara, observasi, dandokumentasi, sedangkananalisis data penelitianmenggunakanpolainteraktif,yaitureduksi data, penyajian data,danpenarikankesimpulan. Dari hasilpenelitian yang dilakukan, diperolehkesimpulanbahwapenerapanKurikulumMuatanLokalMembatik di SMA Negeri 1 Sokarajasudahberjalansecaraefektif.Hal tersebutdapatdibuktikandariperencanaankurikulum yang dilakukandenganbenarsepertiperumusantujuan yang jelas, penetuanisikurikulumsesuaikebutuhan , kemudianpelaksanaankurikulum yang dilakukansesuaiketentuanperencanaan, sertaevaluasikurikulum yang membuktikanbahwatujuan yang telahdirancangdalam proses perencanaandapatdicapaidenganbaikyaitumemberikanpengetahuanterhadapsiswa yang sebelumnyatidaktahu batik, tidaktahucaramembuat batik dantidaksuka batik menjaditahu batik, tahucaramembuat batik danmenyukai batik. Sekanjutnyauntukkendala-kendala yang dialamidalampengembangansertapelaksanaan program kurikulummuatanlokalmembatiksejauhinimasihdapatdiatasidenganbaik. Kata Kunci :EfektivitasKurikulum, MuatanLokalMembatik