EFEKTIVITAS PENERAPAN KURIKULUM MUATAN LOKAL MEMBATIK BAGI SISWA PROGRAM STUDI DI SMA NEGERI 1 SOKARAJA
Main Author: | VikiDwiWahyuNingsih, 1423303074 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4394/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4394/2/EFEKTIVITAS%20PENERAPAN%20KURIKULUM%20MUATAN%20LOKAL%20MEMBATIK%20BAGI%20SISWA%20PROGRAM%20STUDI%20DI%20SMA%20NEGERI%201%20SO.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4394/ |
Daftar Isi:
- Suatu program dapatdikatakanefektifapabilamemenuhibeberapakriteriadiantaranyasepertikejelasantujuan yang hendakdicapai, kejelasanstrategipencapaiantujuan, proses analisisdanperumusankebijakan yang mantap, perencanaan yang matang, penyusunan program yang tepat, tersedianyasaranadanprasaranakerja, pelaksanaan yang efektifdanefisien, sifatpengawasandanpengendalian yang mendidik. SMA Negeri 1 SokarajasebagaiSekolahpenyelenggaraPendidikanBerbasisKeunggulanLokalMembatik (PBKL) sejaktahun 2009 memasukkanmatapelajaranmembatikkedalamKurikulumMuatanLokalnya. Tujuandaridiadakannyakurikulummuatanlokalmembatik di sekolahtersebutadalahsekolahinginmemberikanpengetahuankepadasiswa yang tadinyatidaktahu batik, tidakdapatmembuat batik, tidakmenyukai batik menjaditahu batik, tahucaramembuat batik danmenyukai batik, sertasekolahjugainginmencetakgenerasipenerusbudaya batik di daerahSokaraja, Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah: “BagaimanaEfektivitasPenerapanKurikulumMuatanLokalMembatikbagiSiswa Program Studi di SMA Negeri 1 Sokaraja?” Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmengetahuilebihlanjuttentangefektivitaskurikulummuatanlokalmembatikbagisiswa di SMA Negeri 1 Sokarajasertakendala-kendala yang dialamidalampengembanankurikulummuatanlokalmembatiktersebut.Jenispenelitianini, merupakanpenelitianlapangan (field research) danpenelitianinidigolongkankedalamdeskriptifkualitatif.Pengumpulan data penelitianinimenggunakanmetodewawancara, observasi, dandokumentasi, sedangkananalisis data penelitianmenggunakanpolainteraktif,yaitureduksi data, penyajian data,danpenarikankesimpulan. Dari hasilpenelitian yang dilakukan, diperolehkesimpulanbahwapenerapanKurikulumMuatanLokalMembatik di SMA Negeri 1 Sokarajasudahberjalansecaraefektif.Hal tersebutdapatdibuktikandariperencanaankurikulum yang dilakukandenganbenarsepertiperumusantujuan yang jelas, penetuanisikurikulumsesuaikebutuhan , kemudianpelaksanaankurikulum yang dilakukansesuaiketentuanperencanaan, sertaevaluasikurikulum yang membuktikanbahwatujuan yang telahdirancangdalam proses perencanaandapatdicapaidenganbaikyaitumemberikanpengetahuanterhadapsiswa yang sebelumnyatidaktahu batik, tidaktahucaramembuat batik dantidaksuka batik menjaditahu batik, tahucaramembuat batik danmenyukai batik. Sekanjutnyauntukkendala-kendala yang dialamidalampengembangansertapelaksanaan program kurikulummuatanlokalmembatiksejauhinimasihdapatdiatasidenganbaik. Kata Kunci :EfektivitasKurikulum, MuatanLokalMembatik