Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif dalam Pencapaian Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 1 Patikraja Tahun Ajaran 2016/2017
Main Author: | Aji Febrianto, 102332081 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4389/1/AKTIF%20%20DALAM%20PENCAPAIAN%20PRESTASI%20BELAJAR%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20BAHASA%20ARAB%20DI%20MTS%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%201%20PATI.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4389/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4389/ |
Daftar Isi:
- Strategi pembelajaran aktif adalah pola umum perbuatan guru dan murid di dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar dengan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat dimaksimalkan. Sementara prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan/keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1). bagaimana respon siswa terhadap strategi pembelajaran aktif ? 2). bagaimana prestasi belajar siswa? 3). seberapa tinggi efektivitas respon siswa dari penggunaan strategi pembelajaran aktif terhadap pencapaian prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa Arab? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah anggota populasi yang berjumlah 49 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1). Respon siswa dengan strategi pembelajaran aktif mata pelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Patikraja termasuk dalam kategori baik. Dengan hasil analisis yang menunjukan rata-rata skor angket respon siswa dari strategi pembelajaran aktif mata pelajaran bahasa Arab sebesar 46,77 atau dibulatkan menjadi 47, dimana untuk interval kategori baik yaitu terdapat pada interval 46-49. 2). Pencapaian prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Patikraja termasuk dalam kategori cukup. Dengan hasil analisis yang menunjukan rata-rata nilai pencapaian siswa sebesar 79,48 atau dibulatkan menjadi 79, dimana untuk interval kategori cukup yaitu terdapat pada interval 79-82. 3). Terdapat pengaruh respon siswa dari strategi pembelajaran aktif mata pelajaran bahasa Arab terhadap pencapaian prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Patikraja. Besarnya pengaruh respon siswa dari strategi pembelajaran aktif mata pelajaran bahasa Arab terhadap pencapaian prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Patikraja dapat dilihat dari koefisien determinasi atau R Squere sebesar 0,293 yang berarti bahwa respon siswa dari strategi pembelajaran aktif berpengaruh sebesar 29,3% terhadap pencapaian prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Patikraja. Kata kunci: Strategi pembelajaran aktif, prestasi belajar, dan mata pelajaran bahasa Arab