PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PADA SISWA MELALUIKEGIATAN EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI MI MA’ARIF NU KARANGPUCUNG KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | NITA MIFTAKHUROHMAH, 1423305207 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4370/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4370/2/NITA%20MIFTAKHUROHMAH_PENGEMBANGAN%20KECERDASAN%20KINESTETIK%20PADA%20SISWA%20MELALUI%20KEGIATAN%20EKSTRAKURIKULE.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4370/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Kecerdasan Kinestetik merupakan salah satu macam dari kecerdasan majemuk yang dapat dimiliki oleh seseorang. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya mempunyai kemampuan dalam menggunakan tubuh secara terampil dan cenderung menguasai dibidang yang berkaitan dengan olahraga. Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Maka tugas guru, orang tua dan masyarakat berupaya untuk meningkatkan dan mengembangkan kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Salah satu cara untukmeningkatkan dan mengembangkan kecerdasan yang dimiliki anak dengan mengikuti kegiatanekstrakurikuler yang ada di madrasah. Salah satu kegiatan ekstrakurikuleryang mampu mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa yaitu melalui kegiatanekstrakurikuler Bulutangkis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan kecerdasan kinestetik pada siswa melalui kegiatanekstrakurikuler Bulutangkis di MI Ma’arif NU Karangpucung Purwokerto Selatan . Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pelatih dan pembina ekstrakurikuler bulutangkis. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pengembangan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Hubberman yang terdiri dari dari tiga tahap, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan kinestetik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis dapat dilakukan melaluibergabung dengan ekstrakurikuler bulutangkis, bergerak yang melibatkan aktivitas fisik, berlatih teknik bulutangkis, berlatih secara berulang-ulang, berlatih kecepatan gerakan dan pemantauan kecerdasan kinestetik siswa.Dengan hal ini siswamampu mengembangkan komponen dari kecerdasan kinestetik dalam ekstrakurikuler bulutangkis, yaitu koordinasi, keseimbangan, daya tahan, kekuatan dan kecepatan. Kata Kunci : Pengembangan Kecerdasan Kinestetik, Ekstrakulikuler Bulutangkis, MI Ma’arif NU Karangpucung