Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Ma’arif NU Sokawera Padamara Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Dessy Larasshinta, NIM. 1323310028
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4353/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4353/2/DESSY%20LARASSHINTA_PENERAPAN%20METODE%20SAS%20%28STRUKTURAL%20ANALITIK%20SINTETIK%29%20PADA%20PEMBELAJARAN%20MEMBACA%20P.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4353/
ctrlnum 4353
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4353/</relation><title>Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Ma&#x2019;arif NU Sokawera Padamara Purbalingga &#xD; Tahun Pelajaran 2017/2018</title><creator>Dessy Larasshinta, NIM. 1323310028</creator><subject>371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials</subject><description>Bahasa digunakan oleh manusia sebagai media untuk menyampaikan informasi, pikiran dan perasaan pada orang lain. Dengan bahasalah, manusia bisa mengungkapkan perasaan dan menjalin hubungan dengan orang lain. Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh semua orang, membaca membutuhkan sebuah keterampilan tersendiri agar tujuan dalam membaca bisa tercapai. Kemampuan membaca merupakan dasar dari berbagai bidang studi. Jika pada usia sekolah permulaan tidak segera memiliki kemampuan membaca, maka ia akan mengalami banyak kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi pada kelas-kelas berikutnya. Membaca permulaan merupakan tahapan proses belajar membaca bagi siswa kelas awal. Metode SAS merupakan metode yang di khususkan untuk belajar membaca dan menulis permulaan di kelas 1, meskipun demikian, model SAS dapat dipergunakan dalam berbagai bidang pengajaran. Pada prinsipnya, model ini memiliki langkah operasional dengan urutan struktural menampilkan keseluruhan, analitik melakukan proses penguraian dan sintetik menggabungkan kembali kepada bentuk struktural semula.&#xD; Fokus pada penelitian ini adalah : bagaimana Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Ma&#x2019;arif NU Sokawera Padamara Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018.&#xD; Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif (field research). Subjek penelitian adalah guru kelas 1, kepala madrasah dan semua peserta didik kelas 1. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.&#xD; Penelitian ini menunjukkan adanya gambaran tentang penerapan metode SAS pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAS sangat membantu siswa dalam belajar membaca khususnya membaca permulaan.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4353/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4353/2/DESSY%20LARASSHINTA_PENERAPAN%20METODE%20SAS%20%28STRUKTURAL%20ANALITIK%20SINTETIK%29%20PADA%20PEMBELAJARAN%20MEMBACA%20P.pdf</identifier><identifier> Dessy Larasshinta, NIM. 1323310028 (2018) Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Ma&#x2019;arif NU Sokawera Padamara Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>4353</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dessy Larasshinta, NIM. 1323310028
title Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Ma’arif NU Sokawera Padamara Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018
publishDate 2018
isbn 9781323310021
topic 371.33 Tools
Equipment and Teaching Materials
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4353/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4353/2/DESSY%20LARASSHINTA_PENERAPAN%20METODE%20SAS%20%28STRUKTURAL%20ANALITIK%20SINTETIK%29%20PADA%20PEMBELAJARAN%20MEMBACA%20P.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4353/
contents Bahasa digunakan oleh manusia sebagai media untuk menyampaikan informasi, pikiran dan perasaan pada orang lain. Dengan bahasalah, manusia bisa mengungkapkan perasaan dan menjalin hubungan dengan orang lain. Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh semua orang, membaca membutuhkan sebuah keterampilan tersendiri agar tujuan dalam membaca bisa tercapai. Kemampuan membaca merupakan dasar dari berbagai bidang studi. Jika pada usia sekolah permulaan tidak segera memiliki kemampuan membaca, maka ia akan mengalami banyak kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi pada kelas-kelas berikutnya. Membaca permulaan merupakan tahapan proses belajar membaca bagi siswa kelas awal. Metode SAS merupakan metode yang di khususkan untuk belajar membaca dan menulis permulaan di kelas 1, meskipun demikian, model SAS dapat dipergunakan dalam berbagai bidang pengajaran. Pada prinsipnya, model ini memiliki langkah operasional dengan urutan struktural menampilkan keseluruhan, analitik melakukan proses penguraian dan sintetik menggabungkan kembali kepada bentuk struktural semula. Fokus pada penelitian ini adalah : bagaimana Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Ma’arif NU Sokawera Padamara Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif (field research). Subjek penelitian adalah guru kelas 1, kepala madrasah dan semua peserta didik kelas 1. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan adanya gambaran tentang penerapan metode SAS pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAS sangat membantu siswa dalam belajar membaca khususnya membaca permulaan.
id IOS3655.4353
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2019-05-06T07:47:51Z
last_indexed 2020-01-16T04:49:27Z
recordtype dc
_version_ 1763141798543228928
score 17.538404