IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD ISLAM AL AZHAR 39 PURWOKERTO KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: SitiNurhidayah, 1423305173
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4335/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4335/2/SITI%20NURHIDAYAH_IMPLEMENTASI%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20PADA%20MATA%20PE.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4335/
Daftar Isi:
  • Media pembelajaranadalahsegalasesuatu yang dapatdigunakandalammembantu proses pembelajaranuntukmemudahkanpenyampaianataumenyalurkanpesandarisumberkepenerimagunatercapainyatujuanpembelajaran yang diharapkan. Pembelajaran yang menggunakan media akanmenjadikansiswalebihmemahamidanmengertimateri yang disampikan guru. Selainitupenggunaan media pembelajaranmenjadikan proses pembelajaranlebihefektifdanefisisen. Makadariitu guru dituntutuntukkreatifdalammenggunakan media sehingga media tersebuttepatdansesuaidenganmaterisertadiharapkandapatditerimadenganmudaholehsiswa. PenulismengambiljudultentangImplementasi Media PembelajaranPada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SD Islam Al Azhar 39 PurwokertoKecamatanBaturradenKabupatenBanyumasTahunPelajaran 2017/2018.Judulinipenulissusunkarenasekolahinitelahmenggunakan media dalampembelajaran IPA kelas V. Tujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikanbagaimanapenggunaan media padamatapelajara IPA kelas V di SD Islam Al Azhar 39 Purwokerto. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapanganataufield research, dengan menggunakanpendekatan data kualitatifdanpenelitianinibersifatdeskriptif. Subjekpenelitianiniyaitu Guru kelas V SD Islam Al Azhar 39 Purwokerto. Adapunobjekpenelitianiniadalahpenggunaan media padamatapelajaran IPA kelasV di SD Islam Al Azhar 39 Purwokerto. Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi. Hasilpenelitianpenggunaan media dalampembelajaran IPA kelas V di SD Islam Al Azhar 39 Purwokertoadalah: a. Penggunaan media dalampembelajarandapatmembantudanmemudahkan guru dalammenyampaikanmateripelajaran, sedangkanbagisiswamudahmemahamidanmenerimamateri yang disampaikan guru. b. Media yang digunakanoleh guru kelas V padamatapelajaran IPA yaitupapantulis/ white board, bukucetak, video, LCD proyektor, bendakonkret, dan media buatan/model. c. Tahapataulangkahpelaksanaandalampenggunaanmedia pembelajaranyaitutahappersiapan, pelaksanaan, danevaluasi.