PENGEMBANGAN MEDIA BIGBOOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS III SDN 2 PENAMBONGAN KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA Ajeng Tria Permatasari NIM. 1423305051

Main Author: Ajeng Tria Permatasari, 1423305051
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4329/1/AJENG%20TRIA%20PERMATASARI_PENGEMBANGAN%20MEDIA%20BIGBOOK%20PADA%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20INDONESIA%20KETERAMPILAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4329/2/COVER_BAB%20I_BABV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4329/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa siswa kelas IIISD N 2 Penambongan masih rendah dalam aspek keterampilan membaca, khususnya membaca pemahaman. Dalam kelas ini juga terdapat siswa yang masih belum lancar membaca. Hal ini yang menyebabkan siswa masih rendah untuk membaca pemahaman. Siswa kelas III ini juga masih mengalami kesuliatan untuk menentukan tema, juga memperoleh informasi dari teks yang sudah dibaca. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media bigbook pada pembelajaran bahasa Indonesia keterampilan membaca pemahaman di kelas III di SD N 2 Penambongan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian dan pengembangan atau yang biasa yang disebut R&D. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian dan pengembangan merupakan proses/metode yang digunakan untuk memvalidasi dan mengembangkan produk. Yang dimaksud produk di sini tidak hanya satu yang berupa benda seperti buku teks, film untuk pembelajaran, dan software (perangkat lunak) komputer, tetapi juga metode seperti metode mengajar, dan program seperti program pendidikan untuk mengatasi penyakit anak yang minum-minuman keras dan program pengembangan staf. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data atau informasi, desain produk, validasi desain dan uji coba pemakaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebutuhan media bigbook terhadap indikator keterampilan membaca pemahaman menunjukan bahwa hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu, siswa membutuhkan media yang tepat untuk menunjang salah satu aspek pembelajaran bahasa Indonesia dalam indikator membaca pemahaman. Materi yang dicantumkan pada bigbook harus sesuai dengan materi yang digunakan saat pembelajaran berlangsung. Bahasa yang digunakan dalam bigbook juga harus sesuai dengan bahasa mereka sehingga memahami isi cerita bukan hal yang susah lagi untuk dilakukan. Penyajian bigbook selayaknya harus bisa menarik perhatian siswa, agar siswa yang masih kurang suka memmbaca akan menjadi suka membaca dikarenakan penyajian bigbook yang menarik. Bigbook juga harus disertai dengan gambar yang membantu siswa dalam memahami bacaan. Gambar juga dapat membantu menarik perhatian siswa untuk melakukan kegiatan membaca. Pengembangan media bigbook didesain sedemikian mungkin sehingga siswa dapat memahami isi teks cerita. Pendesainan bigboook menggunakan aplikasi corel drawyang berawal dari desain kasar pada buku, lalu dilanjutkan menyusun lay out dan membuat karakter. Selanjutnya karakter disusun berdasarkan jalannya cerita. Setelah penyusunan media ini, selanjutnya dilakukan pencetakan agar bisa dinilai oleh ahli desain media dan ahli isi. Hasil uji validasi dari ahli desain media dan ahli isi adaah media bigbook ini sudah layak untuk digunakan dan layak untuk dilakukan uji coba kepada siswa kelas III untuk pembelajaran bahasa Indonesia indikator keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil uji paired samples t-test, diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti media bigbook efektif digunakan pada pembelajaran keterampilan membaca pemahaman. Sehingga dapat disimpulkan hasil perhitungan T-test terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil nilai keterampilan membaca pemahaman sebelum dan sesudah menggunakan media bigbook. Kata kunci: Pengembangan Media Bigbook, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Keterampilan Membaca Pemahaman.