IMPLEMENTASI STRATEGI GUIDED TEACHING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V MI AL-ISLAM BOGANGIN KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018 NADIFATUL KHUSNA NIM. 1423305070
Main Author: | NADIFATUL KHUSNA, . 1423305070 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4253/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4253/2/NADIFATUL%20KHUSNA_IMPLEMENTASI%20STRATEGI%20GUIDED%20TEACHING%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20ILMU%20PENGETAHUAN%20SOSIA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4253/ |
Daftar Isi:
- Strategi guided teaching merupakan rangkaian penyampaian materi pembelajaran yang diawali dengan suatu pertanyaan yang dijadikan dasar untuk menyampaian materi selanjutnya. Penerapan strategi ini diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi guided teaching pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V MI Al Islam Bogangin Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalahmetodewawancara,observasi,dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas V B, dan siswa kelas V B. Objek dari penelitian ini adalah implementasi strategi guided teaching pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V MI Al Islam Bogangin Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018.Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola Miles dan Huberman yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian ini, implementasi strategi guided teaching pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam proses pembelajarannya dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam implementasi strategi guided teaching yang dilakukan pada pelaksanaan dimulai dari pembentukan kelompok, pemberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa, perwakilan kelompok menuliskan jawaban di papan tulis, guru menjelaskan materi, guru mengajak siswa membandingkan jawaban yang ada di papan tulis dengan materi yang telah dijelaskan, guru memberikan penguatan dan kesimpulan.