DESAIN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KELAS BILINGUAL DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2017/208
Main Author: | RAHMAWATI, 1423305032 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4249/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4249/2/RAHMAWATI_DESAIN%20PEMBELAJARAN%20PADA%20PROGRAM%20KELAS%20BILINGUAL%20%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4249/ |
Daftar Isi:
- Latarbelakangpenelitianiniadalahpembelajaran bilingual diterapkansebagaiwujudrespontuntutanpendidikan di era globalisaidenganmelahirkansumberdayamanusia yang berwawasan global, denganharapanpesertadidikmampubersaingdalamranahduniapendidikandenganbekalpengetahuandanpenguasaanbahasaInggrissebagaialatkomunikasiInternasional. Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikantentangbagaimanadesainpembelajaranpada program kelasbilingualyang meliputi: (1) Desaintujuanpembelajaranpada program kelasbilingual, (2) Desainmateripembelajaranpada program kelasbilingual, (3) Desainpengalamanbelajarpada program kelasbilingual, (4) Desainevaluasipembelajaranpada program kelasbilingualdi MI MuhammadiyahAjibarangKulonKecamatanAjibarangKabupatenBanyumas. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifyaitujenispenelitian yang menghasilkan data deskriptif.Data diperolehmelaluiobservasi, wawancara, dandokumentasi.Adapunanalisis data dalampenelitianiniterdiridaritigatahap, antara lain: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data),danverification (penarikankesimpulan). Hasilpenelitianmenunjukanbahwapembelajaranbilingualditerapkandalampembelajaranmatematikadansainsbilingual, yang dalam proses pembelajarannyamenggunakanduabahasayaitubahasaInggrisdanbahasa Indonesia.Pelaksanaanpembelajaranbilingualditerapkansecarabertahap, yaknimulaiditerapkantahunajaran 2017/2018 padajenjangkelassatu c yang kemudianakanditerapkanpadakelas-kelasjenjangberikutnya. Program kelasbilingualpadapembelajaranmatematikadansainstidakhanyaterfokuspadaupayamembekalipesertadidikdengankemampuanpenguasaankosa kata danilmupengetahuan,sertateknologisaja, tetapipesertadidikjugadiharapkanmampuberkomunikasidenganbaikdenganbahasa Indonesia maupunbahasaInggrissebagaialatkomunikasiInternasional. Pembelajaranbilingualditerapkandalampembelajaranmatematikadansainsdengantujuanmewujudkansumberdayamanusia yangberkualitasdanberwawasan global. Kata kunci: DesainPembelajaran, Program KelasBilingual.