STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 PEKUNCEN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: HENI INDRIYANI, 1123304041
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4248/1/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I-BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4248/2/HENI%20INDRIYANI_STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20AKTIF%20PADA%20MATA%20PELAJAR.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4248/
Daftar Isi:
  • Keberhasilandalampembelajarandidukungolehstrategi/metode yang digunakan.Penggunaanstrategidalamkegiatanbelajarmengajarsangat penting karenauntukmempermudahdalampembelajaransehinggadapatmencapaihasil yang optimal.Tanpastrategi yang jelas, pembelajarantidakakanterarahsehinggatujuanpembelajaran yang telahditetapkansulittercapaisecara optimal, dengan kata lain pembelajarantidakdapatberlangsungsecaraefektifdanefisien. Strategi pembelajaran juga sangat penting diterapkan untuk mengembangkan keaktifan siswa di kelas sehingga siswa dapat menguasai materi dengan baik. PAI adalah Sebutanuntuksubjekpelajaran yang harusdipelajariolehpesertadidik yang beragama Islam dalammenyelesaikanpendidikantingkattertentu.Seperti yang dilakukanoleh guru kelas V di SD Negeri 1 Pekuncen Kec.Jatilawang Kab.Banyumas dalampembelajaran PAI menerapkanbeberapastrategipembelajaranaktif. Penelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) yaitusuatupenelitian yang dilakukanolehpenelitiuntukmengamatisecaralangsungterhadapfenomena-fenomena yang terjadidalamlokasipenelitianberdasarkankenyataan yang ada.Penelitianlapanganinibersifatdeskriptifkualitatif, yaitumenggambarkankeadaanberdasarkanfakta yang sebenarnyamengenaipenerapan strategipembelajaranaktifmata pelajaran PAI di kelas VSD N 1 Pekuncen Kecamatan Jatilawang. Data-data yang diperoleh, dipilih mana yang sesuai(reduction data), data yang sesuai kemudian disajikan (display data) lalu memberikan kesimpulan (verification data). Kesimpulan dari hasilpenelitian yang dilakukanmenunjukkan bahwa dalampembelajaran PAI di kelas V guru menerapkanstrategipembelajaranquestion student have, index card match, card short dan Group Resume. Dapat disimpulkan bahwa penerapanstrategipembelajarantersebutmampumembuatsuasanabelajarlebihmenyenangkandansiswadilatihberfikirsecaraaktifdanbelajarlebihkritissertadapatmengurangikebosanandalam proses pembelajaran. Kata Kunci : strategipembelajaranaktif, mata pelajaran PAI