STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 PEKUNCEN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | HENI INDRIYANI, 1123304041 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4248/1/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I-BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4248/2/HENI%20INDRIYANI_STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20AKTIF%20PADA%20MATA%20PELAJAR.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4248/ |
Daftar Isi:
- Keberhasilandalampembelajarandidukungolehstrategi/metode yang digunakan.Penggunaanstrategidalamkegiatanbelajarmengajarsangat penting karenauntukmempermudahdalampembelajaransehinggadapatmencapaihasil yang optimal.Tanpastrategi yang jelas, pembelajarantidakakanterarahsehinggatujuanpembelajaran yang telahditetapkansulittercapaisecara optimal, dengan kata lain pembelajarantidakdapatberlangsungsecaraefektifdanefisien. Strategi pembelajaran juga sangat penting diterapkan untuk mengembangkan keaktifan siswa di kelas sehingga siswa dapat menguasai materi dengan baik. PAI adalah Sebutanuntuksubjekpelajaran yang harusdipelajariolehpesertadidik yang beragama Islam dalammenyelesaikanpendidikantingkattertentu.Seperti yang dilakukanoleh guru kelas V di SD Negeri 1 Pekuncen Kec.Jatilawang Kab.Banyumas dalampembelajaran PAI menerapkanbeberapastrategipembelajaranaktif. Penelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) yaitusuatupenelitian yang dilakukanolehpenelitiuntukmengamatisecaralangsungterhadapfenomena-fenomena yang terjadidalamlokasipenelitianberdasarkankenyataan yang ada.Penelitianlapanganinibersifatdeskriptifkualitatif, yaitumenggambarkankeadaanberdasarkanfakta yang sebenarnyamengenaipenerapan strategipembelajaranaktifmata pelajaran PAI di kelas VSD N 1 Pekuncen Kecamatan Jatilawang. Data-data yang diperoleh, dipilih mana yang sesuai(reduction data), data yang sesuai kemudian disajikan (display data) lalu memberikan kesimpulan (verification data). Kesimpulan dari hasilpenelitian yang dilakukanmenunjukkan bahwa dalampembelajaran PAI di kelas V guru menerapkanstrategipembelajaranquestion student have, index card match, card short dan Group Resume. Dapat disimpulkan bahwa penerapanstrategipembelajarantersebutmampumembuatsuasanabelajarlebihmenyenangkandansiswadilatihberfikirsecaraaktifdanbelajarlebihkritissertadapatmengurangikebosanandalam proses pembelajaran. Kata Kunci : strategipembelajaranaktif, mata pelajaran PAI