PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBIASAAN DI SD IT INSAN MULIA PANISIHAN MAOS CILACAP
Main Author: | HASNA ROFIQOH FAUZIYYAH, 1423301138 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4224/1/JUDUL%20%2CBAB%201%2C%20BAB%205%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4224/2/SKRIPSI%20FULL%20HASNA%20IAIN%20PWT.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4224/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi karena melihat banyaknya kasus kenakalan remaja yang disebabkan oleh kurangnya pendidikan karakter dari lingkungan keluarga, untuk itu diperlukan lembaga pendidikan formal yang mampu membina karakter siswa secara bertahap menuju terbentuknya generasi pemimpin yang cerdas dan taqwa. Oleh karena itu SD IT Insan Mulia merupakan sekolah Islam Terpadu yang menawarkan satu model sekolah alternatif yang mencoba menerapkan pendekatan penyelenggaraan yang memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan ini, semua pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai ajaran dan pesan nilai islam. Sekolah tersebut menerapkan pembiasaan untuk membentuk karakter siswanya, seperti pembiasaan bersalaman dengan guru, shalat dhuha berjamaah, hafalan suratan pendek, membaca doa,tahsin, shalat dhuhur berjamaah, murojaah (mengulang hafalan), makan siang bersama, dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembentukan karakter siswa melalui pembiasaan yang dilaksanakan di SD IT Insan Mulia Panisihan Maos Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Berdasarkan hasil penelitian, pembentukan karakter siswa melalui pembiasaan sudah sangat tepat dilakukan disekolah tersebut, karena dengan adanya pembiasaan yang dilakukan di sekolah dapat membentuk karakter-karakter pada siswanya. Seperti religius, disiplin, mandiri, tanggung jawab, peduli, saling menghormati dan lain-lain. Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Pembiasaan