IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT BANYUMAS

Main Author: Laili Faizah, 1123308095
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4216/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4216/2/LAILI%20FAIZAH_IMPLEMENTASI%20PENGEMBANGAN%20KURIKULUM%20DALAM%20PEMBENTUKAN%20KARAKTER%20PESERTA%20DIDIK%20DI%20MI%20D.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4216/
Daftar Isi:
  • Pengembangan kurikulum suatu proses siklus, yang tidak pernah ada starting dan tidak pernah berakhir. Hal ini desebabkan pengembangan kurikulum itu merupakan suatu proses yang tertumpu pada unsur-unsur dalam kurikulum, yang di dalamnya meliputi tujuan, isi (materi), metode, organisasi dan penilaian itu sendiri Untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan optimalisasi komponen-komponen pendidikan. Salah satunya adalah kurikulum. Kurikulum merupakan komponen yang esensial dalam pendidikan. Untuk membangun karakter yang bisa membentuk watak dan mental manusia yang bisa mengatasi keadaannya yang didesain oleh kekuatan dari luarnya. Pendidikan adalah proses pembangunan karakter. Pembangunan karakter adalah proses membentuk karakter, dari yang kurang baik menjadi yang lebih baik. Mandiri adalah sikap dan perilaku yang tidak mudah bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. Religius adalah nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuh-kembangnya kehidupan beragama yang terdiri dari tiga unsur pokok yaitu aqidah, ibadah, dan akhlak yang menjadi pedoman perilaku sesuai dengan aturan-aturan Alloh untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kurikulum madrasah dalam pembentukan karakter unggulan siswa yaitu karakter unggulan yang berhubungan dengan Allah, manusia , alam , kecerdasan dan kedisiplinan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tiga langkah analisis data, yang terdiri dari: Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum dalam pembentukan karakter unggulan siswa sudah dilaksanakan dengan baik di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Salah Satunya yaitu dengan adanya kebijakan Madrasah mengenai progam pengembangan bakat siswa, ibadah, dll. Kata Kunci: Pengembangan kurikulum, Pembentukan Karakter unggulan siswa.