PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI MI MA’ARIF NU LAMUK KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

Main Author: EniKusendang, 1423305145
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4214/1/JUDUL%20%2CBAB%201%2C%20BAB%205%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4214/2/skripsi%20full%20endang.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4214/
Daftar Isi:
  • Penanamannilaikarakterdisiplindantanggungjawabmerupakanhal yang sangatpentingdantidakdapatdipisahkandarikehidupan, karenatanpakarakterdisiplindantanggungjawabseseorangakandenganmudahmelakukansesuatudimanahaltersebutdapatmerugikandirisendiridan orang lain. Sekolahsebagaibagiandarilingkunganmemilikiperan yang sangatpenting, olehkarenaitusekolahharusmelakukanupayauntukmendiskripsikanpenanamannilaikarakterdisiplindantanggungjawabmelaluikegiatanekstrakurikulerpencaksilat di MI Ma’arif NU LamukKecamatanKejobongKabupatenPurbalingga. Penelitianinimerupakanpenelitianlapangan, denganjenispenelitiankualitatif, subjekdalampenelitianiniadalahKepala MI Ma’arif NU LamukKecamatanKejobongKabupatenPurbalingga, Guru Pembimbingekstrakurikulerpencaksilat, danpesertadidik. Teknikinipengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dandokumentasi.Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisisdeskriptifkualitatif yang terdiridaritigaalurkegiatan yang berlangsungsecarabersamaanyaitureduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan.Teknikinidigunakansebagaiacuanuntukpenulisanhasilpenelitiansehinggadapatmemberikanpemahaman yang semestinya. HasilpenelitiantentangPenanamanNilaiKaraterDisipindanTanggungJawabPadasisiwaMelaluiEkstrakurikulerPencakSilat di MI Ma’arif NU LamukKecamatanKejobongKabupatenPurbalingga, direalisasikandalambentukdisiplinberibadah, disiplinwaktu, disiplinmenaatiperaturan, disiplinbelajar, disiplinbersikapdantanggungjawabterhadapdirisendiri, keluarga, masyarakat, bangsadannegarasertaTuhan yang MahaEsa, yang paling dilandasikonsepbelajarpadaaspek moral knowing, moral felling, moral action.