PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI MI MA’ARIF NU LAMUK KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA
Main Author: | EniKusendang, 1423305145 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4214/1/JUDUL%20%2CBAB%201%2C%20BAB%205%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4214/2/skripsi%20full%20endang.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4214/ |
Daftar Isi:
- Penanamannilaikarakterdisiplindantanggungjawabmerupakanhal yang sangatpentingdantidakdapatdipisahkandarikehidupan, karenatanpakarakterdisiplindantanggungjawabseseorangakandenganmudahmelakukansesuatudimanahaltersebutdapatmerugikandirisendiridan orang lain. Sekolahsebagaibagiandarilingkunganmemilikiperan yang sangatpenting, olehkarenaitusekolahharusmelakukanupayauntukmendiskripsikanpenanamannilaikarakterdisiplindantanggungjawabmelaluikegiatanekstrakurikulerpencaksilat di MI Ma’arif NU LamukKecamatanKejobongKabupatenPurbalingga. Penelitianinimerupakanpenelitianlapangan, denganjenispenelitiankualitatif, subjekdalampenelitianiniadalahKepala MI Ma’arif NU LamukKecamatanKejobongKabupatenPurbalingga, Guru Pembimbingekstrakurikulerpencaksilat, danpesertadidik. Teknikinipengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dandokumentasi.Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisisdeskriptifkualitatif yang terdiridaritigaalurkegiatan yang berlangsungsecarabersamaanyaitureduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan.Teknikinidigunakansebagaiacuanuntukpenulisanhasilpenelitiansehinggadapatmemberikanpemahaman yang semestinya. HasilpenelitiantentangPenanamanNilaiKaraterDisipindanTanggungJawabPadasisiwaMelaluiEkstrakurikulerPencakSilat di MI Ma’arif NU LamukKecamatanKejobongKabupatenPurbalingga, direalisasikandalambentukdisiplinberibadah, disiplinwaktu, disiplinmenaatiperaturan, disiplinbelajar, disiplinbersikapdantanggungjawabterhadapdirisendiri, keluarga, masyarakat, bangsadannegarasertaTuhan yang MahaEsa, yang paling dilandasikonsepbelajarpadaaspek moral knowing, moral felling, moral action.