PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 MI MAARIF NU BANJARPARAKAN KEC. RAWALO KAB. BANYUMAS Tantri Setiawati (NIM. 1423305040)

Main Author: Tantri Setiawati, 1423305040)
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4209/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4209/2/TANTRI%20SETIAWATI_IMPLEMENTASI%20MEDIA%20KARTU%20KATA%20BERGAMBAR%20PEMBELAJARAN%20MEMBACA%20PERMULAAN%20MATA%20PELA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4209/
Daftar Isi:
  • Media pembelajaran mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media, proses kegiatan belajar mengajar akan semakin dirasakan manfaatnya. Penggunaan media diharapkan akan menimbulkan dampak positif. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan proses implementasi media kartu kata bergambar dalam pembelajaran membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas 1 MI Ma’ari NU Banjarparakan. Pembelajaran di kelas 1 sudah menggunakan kurikulum 2013 yang menggunakan pembelajaran Tematik, namun peneliti memfokuskan pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu kata bergambar dalam pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kuallitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif NU Banjarparakan. Subjek penelitian adalah guru kelas 1, peserta didik kelas 1 dan Kepala MI Ma’arif NU Banjarparakan. Objek penelitian adalah implementasi media kartu kata bergambar dalam pembelajaran membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi media kartu kata bergambar pada subtema tanaman di sekitarku perencanaannya dilakukan oleh guru sebelum pembelajaran dilakukan, serta dalam pelaksanaannya memudahkan siswa untuk menguasai materi pembelajaran tematik mata pelajaran bahasa Indonesia, dan hasilnya respon peserta didik sangat antusias dan kondusif. Sedangkan pada subtema lingkungan sekitar rumahku perencanaanya juga dilakukan oleh guru sebelum pembelajaran dilakukan, dalam pelaksanaannya media kartu kata bergambar berperan aktif dalam situasi diskusi, serta peserta didik fokus terhadap media kartu kata bergambar.