IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MI YA BAKII WELAHAN WETAN KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP

Main Author: FATCHATUL MUMTAHANAH, NIM. 1123305087
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4170/1/cover-bab%20i-bab%20v-daftar%20pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4170/2/FATCHATUL%20MUMTAHANAH_IMPLEMENTASI%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20STUDENT%20TEAM%20ACHIEVEMENT%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4170/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran student teams achievement division (STAD) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi dan mencapai prestasi secara maksimal.dalam pelaksanaanya pembelajaran ini dilakukan melalui beberapa tahapan, diantaranya yaitu: tahap penyajian materi, tahap kegiatan kelompok, tahap tes individu, tahap perhitungan skor, dan yang terakhir tahap pemberian penghargaan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) siwa kelas V MI Ya BAKII Welahan Wetan. Penelitian yang dilakukan ini termasuk jenis penelitian lapangan atau field research dengan penelitian yang berjenis deskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk mengumpuklan informasi mengenai suatu gejala yang ada, yakni keadaan menurut apa adanya pada saat penelitian itu dilakukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction ( reduksi data), data display ( penyajian data), conclution drawing atau verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada pelajaran Matematika kelas V di MI Ya BAKII Welahan Wetan telah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Adpun langkah-langkah pembelajaran tipe student team achievement division (STAD) adalah: tahap penyajian materi, tahap kegiatan kelompok, tahap tes individu, tahap perhitungan skor, dan tahap pemberian penghargaan, dan dari penelitian tersebut menunjukan adanya perkembangan skor pada masing-masing individu. Dengan demikian MI Ya BAKII Welahan Wetan dapat dikatan berhasildalam menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD).