PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs MA’ARIF NU 3 KEMRANJEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | ALVIATUR ROHMAH, NIM. 1423301307 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4159/1/ALVIATUR%20ROHMAH_PENERAPAN%20MODEL%20EXPERIENTIAL%20LEARNING%20%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20AKIDAH%20AKHLAK%20DI%20MTs%20MA.PDF http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4159/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4159/ |
Daftar Isi:
- Mata pelajaran Akidah Akhlak merupakan salah satu rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memberikan materi tentang tata cara manusia berakidah dan berakhlak. Oleh karena itu mata pelajaran ini termasuk mata pelajaran yang sifatnya aplikatif, harus sampai pada ranah praktek bukan hanya teori saja. Hal inilah yang diusahakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Ma‟arif NU 3 Kemranjen dengan menggunakan model pembelajaran experiential learning atau pembelajaran berbasis pengalaman. Melalui model ini siswa kelas VII dilatih untuk belajar materi Akidah Akhlak berdasarkan pengalaman yang mereka alami dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber belajar guna memperoleh pengalaman yang lebih baik. Berdasarkan latar belakang ini penulis melakukan penelitian dengan mengambil rumusan masalah: bagaimana penerapan model experiential learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas VII MTs Ma‟arif NU 3 Kemranjen Banyumas tahun pelajaran 2017/2018? Guna menjawab rumusan masalah tersebut penulis melakukan penelitian lapangan di MTs Ma‟arif NU 3 Kemranjen Banyumas, dimulai dengan observasi pendahuluan pada bulan Oktober 2017 dan dilanjutkan dengan observasi secara terfokus pada bulan Maret sampai Mei 2018. Penelitian dilakukan dengan mengambil subjek siswa kelas VII, Guru Akidah Akhlak, Waka Kurikulum, dan Kepala MTs Ma‟arif NU 3 Kemranjen dengan memfokuskan penelitian pada objek penerapan model experiential learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data yang telah terkumpul adalah analisis kualitatif dengan model interaktif yang meliputi 3 kegiatan utama, yakni: pengumpulan data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa tahap perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak dilaksanakan dengan membuat perencanaan pembelajaran dengan mengkaji silabus, sumber belajar yang tersedia, dan selanjutnya membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan memilih metode diskusi dan metode pemecahan masalah sebagai turunan dari model experiential learning. Sedangkan tahap pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas VII MTs Ma‟arif NU 3 Kemranjen dilaksanakan melalui penerapan metode diskusi dan pemecahan masalah yang dibingkai dalam 4 tahap pembelajaran, yakni: pengalaman konkret, pengalaman aktif dan reflektif, konseptualisasi, dan eksperimentasi aktif