Daftar Isi:
  • Agar tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif, dapat dipahami peserta didik dan mengurangi kebosanan belajar peserta didik, guru perlu menguasai berbagai macam strategi pembelajaran. Dimana Card Sort merupakan salah satu cara untuk mengakhiri sebuah pelajaran, agar siswa mengingat apa yang telah mereka pelajari dan dapat dipergunakan untuk memulai mata pelajaran baru dengan catatan siswa mempelajari materi terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan dan menganalisis implementasi strategi card sort dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 1 MI Ma`arif NU 1 Rancamaya kecamatan Cilongok tahun ajaran 2017/2018 Dalam penilitian ini, Implementasi Strategi Card Sort pada Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 Semester II di MI Ma’arif NU 1 Rancamaya Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas meliputi tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada perencanaan pembelajaran, guru mempersiapkan RPP yang digunakan untuk membantu keberlangsungan pembelajaran supaya berjalan dengan lancar dimana metode, media, strategi yang sudah mantap dipersiapkan oleh guru. Dalam mengimplementasi strategi Card Sort yang dilakukan guru sudah baik. Guru menyampaikan materi yang dibahas dan menggunakan kartu dalam mengimplementasikan strategi Card Sort, dan pada tahap evaluasi guru menggunakan soal-soal tertulis dan lisan untuk mengetahui seberapa jauh peserta didik dalam menangkap materi yang disampaikan oleh guru. Peserta didik terlihat lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Pada hari Kamis tanggal 26 April 2018, hasil dari evaluasi yang telah dilakukan setelah pembelajaran dengan nilai KKM 71 ada 8 siswa yang masih mendapatkan nilai dibawah KKM dari 28 siswa. Pada hari Rabu tanggal 9 Mei 2018, hasil dari evaluasi yang telah dilakukan setelah pembelajaran menggunakan Card Sort ada 4 siswa yang masih mendapatkan nilai dibawah KKM dari 28 siswa. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan mengenai implementasi strategi Card Sort pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas I semester II di MI Ma’arif NU 1 Rancamaya tahun pelajaran 2017/2018, serta data-data yang berhasil penulis kumpulkan, cross check dan analisis menunjukkan bahwa penerapan strategi card sort dalam tema 8 (Peristiwa Alam) membawa pengaruh yang bertahap kepada peserta didik karena dapat memahami pelajaran yang telah dipelajari dilihat dari hasil viii jawaban yang ditulis oleh siswa dengan soal-soal yang berkaitan dengan pembelajaran. Pada subtema Peristiwa Siang dan Malam, siswa mengikuti pembelajaran dengan baik, karena mereka dapat membedakan dengan benar perbedaan peristiwa di siang hari dan di malam hari dengan media pendukung strategi card sort berupa gambar yang disebar terpisah, lalu para siswa mencari kartu induknya sehingga semua siswa aktif dalam pembelajaran tersebut. Berdasarkan data yang diuraikan mengenai perencanaan dan pelaksanaan strategi Card Sort pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas I MI Ma’arif NU 1 Rancamaya subtema penghujan, dapat dikatakan menurut penulis sudah baik, karena siswa sudah dapat memahami dan menangkap pembelajaran berdasarkan soal-soal yang diberikan oleh guru, dengan isi soal mencangkup materi yang sudah diajarkan.