EVALUASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE QIRAATI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AL FALAH BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: USWATUN KHASANAH, NIM.1423301163
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4149/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4149/2/USWATUN%20KHASANAH_EVALUASI%20PEMBELAJARAN%20MEMBACA%20AL-QUR%27AN%20MENGGUNAKAN%20METODE%20QIRAATI%20DI%20TAMAN%20PEND.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4149/
Daftar Isi:
  • Evaluasi merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran. Jika prosesnya baik maka hasilnya akan baik. Evaluasi dalam pembelajaran memberikan manfaat kepada berbagai pihak seperti siswa, guru, sekolah/lembaga pendidikan, masyarakat dan pemerintah. Membaca meupakan kewajiban bagi setiap muslim yang berakal dan dewasa. Dalam membaca al-Qur‟an perlu diadakannya evaluasi yang dilakukan secara terus menerus untuk mengetahui dan memantau perubahan serta kemajuan peserta didik setelah menyelesaikan materi tertentu dalam jangka waktu tertentu. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana pelakasanaan dan hasil evaluasi pembelajaran membaca di TPQ Al Falah Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas?, yang menjadi subyek penelitian ini adalah Kepala TPQ dan guru kelas atau guru pengampuh jilid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana penelitian ini menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Jenis penelitian yang penulis lakukan ini tergolong dalam penelitian lapangan (filed research) dengan mengumpulkan data langsung dari lapangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan evaluasi pembelajaran di TPQ Al Falah Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan ialah metode wawancara langsung, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang penulis peroleh bahwa dalam pelaksanaan evaluasi di TPQ Al Falah melaksanakan 3 tahap evaluasi yakni evaluasi harian, evaluasi kenaikan kelas/jilid dan Imtihan Akhir Santri (IMTAS). Dalam pelaksanaan evaluasi berlangsung sesuai prosedur dan prinsip-prinsip yang digunakan antara lain terus-menerus, keseluruhan, objektif, LCTB dan M3. Hasil evaluasi yang dilaksanakan di TPQ Al Falah sudah baik yang diperngaruhi oleh 3 faktor utama yaitu Ustada/Ustadzah, Santri dan Teknik Pembelajaran.