PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR SKI KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT
Main Author: | WINDRI ANTIKA, NIM. 1423305267 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4148/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4148/2/WINDRI%20ANTIKA_PENGARUH%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20BERMAIN%20PERAN%20%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SKI%20KELAS%20V%20DI.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4148/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat karena hasil belajar di bawah kriterian ketuntasan minimal yaitu 75 yang telah ditetapkan sekolah. Untuk meningkatkan hasil belajar SKI, maka pembelajaran SKI perlu diarahkan pada aktivitas-aktivitas yang mendorong siswa aktif di dalam kelas, yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran bermain peran, dimana semua siswa aktif dalam memainkan tokohnya sehingga siswa tidak bosan dan jenuh. Karena itu dapat menghidupkan suasana historis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi pembelajaran bermain peran terhadap hasil belajar SKI kelas V di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunkan metode penelitian eksperimen True Experimental Design, populasi dari penelitian ini kelas V MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian diuji dengan validitas pearson dan reliabilitas Spearman-Brown. Teknik analisis yang digunakan dalam pengujian yaitu hipotesis uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan strategi pembelajaran bermain peran terhadap hasil belajar SKI Kelas eksperimen materi Umar bin Khattab, karena diperoleh dari hasil uji t independen samples test pada hasil belajar akhir nilai -thitung (-6.638) < -ttabel (-1.994) maka Ho ditolak, yaitu ada perbedaan rata-rata post-test antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Kelas eksperimen memperoleh peningkatan hasil belajar rata-rata sebesar 84,62 sedangkan kelas kontrol sebesar 69,73 selisihnya sebesar 14.89.