PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS V MI MIFTAHUL AFKAR BUMIAYU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: DIANA RAHMANIAH, NIM. 1423305189
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4134/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4134/2/DIANA%20RAHMANIAH_PENGGUNAAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20JAWA%20DI%20KELAS%20V%20MI%20MIFTAH.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4134/
Daftar Isi:
  • Media pembelajaran adalah sarana yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam menjelaskan materi dalam proses pembelajaran yang dapat mendukung keefektifan dan keefisienan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan adanya penggunaan media pembelajaran dapat membantu seorang guru dalam mencapai sebuah tujuan pembelajaran dan dapat mendorong motivasi belajar, memperjelas, dan mempermudah konsep yang kompleks dan abstrak menjadi lebih sederhana, konkrit, serta mudah dipahami. Untuk itu guru dituntut untuk bisa kreatif dalam mengolah media yang digunakan. Dari hasil penelitian di MI Miftahul Afkar Bumiayu, guru sudah menggunakan media dalam setiap pembelajarannya termasuk dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media dalam pembelajaran Bahasa Jawa di MI Miftahul Afkar Bumiayu Kelas V semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pola fikir induktif. Hasil penelitian dari media pembelajaran Bahasa Jawa Kelas V di MI Miftahul Afkar Bumiayu, yaitu seorang guru melakukan tahap persiapan sebelum melakukan pembelajaran dengan menyiapkan media yang dibutuhkan agar dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran serta memudahkan siswa untuk menerima materi. Setelah itu tahap pelaksanaan, yaitu seorang guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media yang sudah disiapkan, seperti LCD proyektor, buku cetek remen basa Jawa, video serta kartu huruf aksara Jawa dan poster aksara Jawa. Setelah tahap pelaksanaan itu selesai, guru mengadakan evaluasi dari penggunaan media untuk menentukan keberhasilan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan serta efektif atau tidaknya media yang digunakan dalam pembelajaran.