IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT PADA TAHUN PELAJARAN

Main Author: FITRI HANDAYANI, NIM. 1423305192
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4104/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4104/3/FITRI%20HANDAYANI_IMPLEMENTASI%20PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20ICT%20%28INFORMATION%20AND%20COMMUNICATION%20TECHNOLOGY%29.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4104/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah ini berangkat dari pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) yang diterapkan pada mata pelajaran IPS dan ternyata memberi perubahan dalam perkembangan motivasi belajar siswa di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Dengan menggunakan tampilan materi dalam bentuk video dan slide membuat siswa tertarik dan semangat dalam belajar mata pelajaran IPS. Pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) /TIK adalah suatu sistem pembelajaran di mana dalam proses belajar mengajarnya disesuaikan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu media pembelajaran berbasis ICT yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya menggunakan komputer multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, yang bersifat kualitatif deskriptif. Mengambil lokasi penelitian di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggali sumber data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber dari Kepala Sekolah, Guru Kelas V dan pengamatan langsung dalam implementasi pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran IPS. Analisis yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik, waktu dan uji kredibilitas perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti menyimpulkan bahwa guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran IPS lebih dominan menggunakan ICT berupa laptop, LCD, dan speaker. Laptop digunakan untuk mencari materi lewat internet dan membuat materi dalam bentuk slide dari program power point, LCD digunakan untuk menampilkan materi sehingga terlihat lebih besar, dan speaker digunkan untuk pengeras suara.