PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL PADA SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND DI MI NEGERI MODEL SLARANG KIDUL KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL

Main Author: Zulfatur, Rifqoh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/410/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/410/2/ZULFATUR%20RIFQOH_PENGEMBANGAN%20KECERDASAN%20MUSIKAL%20PADA%20SISWA%20MELALUI%20KEGIATAN%20EKSTRAKURIKULER%20MARCH.PDF
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/410/
Daftar Isi:
  • Setiap anak memiliki kemampuan atau kecerdasan yang beragam (multiple intelligences).Musiksangatberkaitan dengan kecerdasan. Dengan belajar musik maka dapat meningkatkan kecerdasan pada anak. Salah satu kecerdasan yang terdapat dalam multiple intelligences adalah kecerdasan musikal. Kecerdasan musikal merupakan kecerdasan utama pada anak yang mencakup kepekaan terhadap ritme, pola titi nada, warna nada, dan bentuk-bentuk ekspresi emosi musikal. Oleh karena itu penting bagi sekolah untuk mengembangkan kecerdasan musikal yang dimiliki anak. Salah satunya yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler marching band. Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengembangan kecerdasan musikal pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler marching band di MI Negeri Model Slarang Kidul Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapanganataufield research. Penelitianinimenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pelatih ekstrakurikuler marching band, pembina ekstrakuriler marching band dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler marching band. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pengembangan kecerdasan musikal pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler marching band. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasilpenelitianini menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan musikal yang dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuller marching band meliputi menyeleksi kemampuan siswa dalam bermain alat musik dan menari atau bergerak mengikuti irama, bernyanyi, bermain notasi musik, berlatih memainkan alat musik, berlatihmenari atau bergerak dengan mengikuti irama, memainkan berbagai jenis lagu atau musik dan meminta siswa untuk menjelaskan apa yang mereka rasakan dan memantau perkembangan kemampuan musikal pada siswa. Dari hasil pemantauan, dapat diketahui kemampuan siswa dalam menangani bentuk kegiatan musikal, seperti kemampuan mempersepsi bentuk musik, kemampuan membedakan bentuk musik, kemampuan mengubah bentuk musik, dan kemampuan mengekspresikan bentuk musik.