DAMPAK KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP PENINGKATAN MUTU KINERJA GURU SD NEGERI 1 BOJONG KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA
Main Author: | SYARIFAH NUR ISTIANTI, NIM. 1423303032 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4092/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4092/3/SYARIFAH%20NUR%20ISTIANTI_DAMPAK%20KEPEMIMPINAN%20TRANSFORMASIONAL%20T.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4092/ |
Daftar Isi:
- Kepemimpinan merupakan salah satu aspek penentu dinamisasi sebuah sekolah, di mana peran dan fungsi kepemimpinan sangat dibutuhkan. Melalui penerapan gaya kepemimpinan kepala sekolah akan menimbulkan kinerja guru yang berbeda. Ketika kualitas fungsi dan peran kepemimpinan ditingkatkan, maka besar kemungkinan kinerja guru juga terjadi peningkatan. Karena keduanya memiliki hubungan. Sama halnya gaya kepemimpinan yang dipraktekan oleh kepala SD Negeri 1 Bojong yang cenderung transformasional, ketika intensitas kualitasnya ditingkatkan maka akan berdampak kepada kinerja gurunya. Persoalan yang akan dijawab pada penelitian ini adalah apakah terdapat dampak kepemimpinan transformasional terhadap peningkatan mutu kinerja guru SD Negeri 1 Bojong?. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Bojong Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga, responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri 1 Bojong. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah metode angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat dampak kepemimpinan transformasional terhadap peningkatan mutu kinerja guru SD Negeri 1 Bojong, dengan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel, yaitu sebesar 7, 672 yang menunjukkan adanya dampak dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Besar dampak yang ditimbulkan dari praktik kepemimpinan transformasional terhadap peningkatan mutu kinerja guru yaitu sebesar 28,8%. Hasil analisis regresi dapat menunjukkan jika kualitas kepemimpinan transformasional ditingkatkan maka akan terjadi peningkatan pula terhadap mutu kinerja guru di SD Negeri 1 Bojong.