PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA SD NEGERI 02 PAMIJEN KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | JESI ANJASARI, NIM. 1423305198 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4074/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4074/2/JESI%20ANJASARI_PENDIDIKAN%20KARAKTER%20PEDULI%20LINGKUNGAN%20DI%20SEKOLAH%20ADIWIYATA%20SD%20NEGERI%2002%20PAMIJEN%20KEC.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4074/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan karena melihat masih banyak siswa yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitar seperti membuang sampah sembarangan, lain daripada itu untuk membentuk karakter siswa bisa dilakukan melalui pembiasaan sejak dini. Pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Adiwiyata dilaksanakan melalui program sekolah yang bekerjasama dengan pihak Badan Lingkungan Hidup untuk membantu menanamkan, membentuk dan mengembangkan karakter siswa dalam hal peduli lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, dengan lokasi di SD Negeri 02 Pamijen Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas, dengan tujuan mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan, Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data terkait yaitu menggunakan 1) Metode Observasi yang digunakan untuk mendapatkan data-data dan gejala-gejala yang diamati 2) Metode Wawancara bertujuan untuk menemukan permasalahan secara lebih terbuka 3) Metode Dokumentasi untuk mendapatkan data berupa dokumentasi dan arsip. Analisis Data berupa 1) Pengumpulan Data 2) Reduksi Data 3) Data Display 4) Konklusi/Verivikasi. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data menggunakan 1) Triangulasi Sumber 2) Triangulasi teknik 3) Triangulasi Waktu Hasil penelitian menunjukan pendididkan karakter peduli lingkungan dilaksanakan dengan cara, 1) Kebijakan kurikulum berwawasan lingkungan, melalui green curiculum, green school, visi dan misi sekolah dan juga anggaran yang dibuat untuk keperluan adiwiyata 2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan melalui penyampaian materi yang berkaitan dengan cara menyisipkan materi, dan menggunakan pembelajaran kontekstual supaya lebih mengena, dan pembiasaan pelaksanaan program bersih lingkungan yang dilaksanakan secara rutin melalui ekstrakurikuler maupun program sekolah. 3) kegiatan lingkungan berbasis partisipatif melalui kerjasama dengan beberapa pihak yang bertujuan pelaksanaan kegiatan peduli lingkungan 4) Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan melalui peningkatan pengelolaan dan pelestarian lingkungan, seperti pengelolaan kantin, pemanfaatan listrik, ATK dan memelihara sarana dan prasarana.