ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII MTs HUFFADH AL-ITQONIYYAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | TIAS LUPITASARI, NIM. 1423302082 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4066/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4066/3/TIAS%20LUPITASARI_ANALISIS%20BUTIR%20SOAL%20PENILAIAN%20AKHIR%20SEMESTER%20GASAL%20MATA%20PELAJARAN%20BAHASA%20ARAB%20KEL.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4066/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Huffadh Al-Itqoniyyah Tahun Pelajaran 2017/2018, apabila ditinjau dari analisis: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan fungsi pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Huffadh AlItqoniyyah Tahun Pelajaran 2017/2018 terdiri dari 50 butir soal pilihan ganda. Soal tersebut dianalisis berdasarkan validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan fungsi pengecoh. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Huffadh Al-Itqoniyyah Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 57 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan interview (wawancara). Data tersebut dianalisis menggunakan program Anates V4 . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; kualitas butir soal pilihan ganda, terdapat hasl sebagai berikut: (1) Ditinjau dari segi validitas isi, butir soal udah valid; dan validitas item, terdapat soal yang valid berjumlah 47 soal (94%) dan tidak valid berjumlah 3 soal (6%). (2) Ditinjau dari segi reliabilitas, soal memiliki tingkat reliabilitas tinggi yaitu sebesar 0,96. (3) Ditinjau dari tingkat kesukaran, 1 soal (2%) termasuk kategori sukar, 21 soal (42%) termasuk kategori sedang, dan 28 soal (56%) termasuk kategori mudah. (4) Ditinjau dari daya pembeda, 1 soal (2%) termasuk kategori lemah, 11 soal (22%) termasuk kategori cukup, 29 soal (58%) termasuk kategori baik, dan 9 soal (18%) termasuk kategori baik sekali. (5) Ditinjau dari fungsi pengecoh, 20 soal (40%) telah berfungsi dengan baik, dan 30 soal (60%) terdapat beberapa alternatif jawaban sebagai pengecoh belum berfungsi dengan baik.