PENERAPAN METODE TIKRAR PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN SANTRI MUSTAWA AWWAL PONDOK PESANTREN MODERN DARUL QUR’AN AL-KARIM BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: DWI IKA MU’MINATUN, NIM. 1423301006
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4065/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4065/3/DWI%20IKA%20MU%E2%80%99MINATUN_DWI%20IKA%20MU%E2%80%99MINATUN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4065/
Daftar Isi:
  • Metode tikrar pada pembelajaran tahfidzul Qur’an adalah cara yang digunakan untuk menghafal Al-Qur’an dengan cara mengulang hafalan yang akan dihafal dan mengulang hafalan yang telah dihafal sehingga hafalan Al-Qur’an dapat terjaga. Skripsi ini dilatar belakangi dengan adanya penerapan metode tikrar yang digunakan pada pembelajaran tahfidzul Qur’an santri mustawa awwal di pondok pesantren modern Darul Qur’an Al-Karim Baturraden Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode tikrar pada pembelajaran tahfidzul Qur’an yang digunakan di pondok pesantren modern Darul Qur’an Al-Karim Baturraden Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penerapan metode tikrar pada pembelajaran tahfidzul Qur’an. Sedangkan subjek penelitiannya adalah santri mustawa awwal dan guru tahfidz pondok pesantren modern Darul Qur’an AlKarim Baturraden Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan metode tikrar yang diterapkan pada pembelajaran tahfidzul Qur’an santri mustawa awwal pondok pesantren modern Darul Qur’an Al-Karim Baturraden Kabupaten Banyumas ini digunakan untuk membuat hafalan baru dan pengulangan pada hafalan yang sudah dimiliki (muraja’ah) agar hafalan melekat dalam ingatan dan mutqin (lancar). Santri menyetorkan hafalan satu tikrar atau 1⁄4 halaman pada tiap pertemuan kepada guru tahfidz. Setoran sebanyak satu tikrar ini dilakukan terus menerus oleh santri selama tiga bulan. Kemudian pada bulan selanjutnya hafalan santri mustawa awwal dinaikkan lagi menjadi dua tikrar dan seterusnya dengan melihat kemampuan menghafal santri mustawa awwal. Strategi menghafal dengan tikrar yang digunakan yaitu strategi pengulangan ganda, tidak beralih pada ayat selanjutnya, menggunakan penanda tikrar, menggunakan satu jenis mushaf, memperhatikan ayat yang serupa, dan disetorkan kepada pengampu.