Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari dengan adanya permasalahan kemampuan membaca AlQur‟an siswa. Kemampuan siswa yang masih rendah dalam membaca Al-Qur‟an terutama siswa di Madrasah membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tersebut. Di MTs Al-Hidayah Purwasaba pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an merupakan suatu program wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa tanpa terkecuali. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini ialah bagaimana penerapan metode Yanbu‟a pada pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di MTs Al-Hidayah Purwasaba. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode Yanbu‟a pada pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an pada siswa di MTs Al-Hidayah Purwasaba. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan (fieldresearch) dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan bagaimana penerapan metode yanbu‟a pada pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di MTs AlHidayah Purwasaba Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Subjek dalam penelitiana ini ialah siswa, guru dan Kepala MTs Al-Hidayah Purwasaba. Sedangkan untuk lokasi dari penelitian ini adalah di MTs Al-Hidayah Purwasaba yang berlokasi di Desa Purwasaba Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Hasil dari penelitian penerapan metode Yanbu‟a pada pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur‟an di MTs Al-Hidayah Purwasaba dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) persiapan: pada tahap ini guru menyiapan materi yang akan disampaikan dan segala hal yang berhubungan dengan mateiri. 2) tahap Pembukaan: pada tahap ini pertama guru mengucapkan salam kemudian membaca doa dan dilanjutkan dengan cladroh. 3) kegiatan inti: dimana pada tahap ini guru terlebih dahulu menyampaikan materi secara keseluruhan kepada siswa untuk selanjutnya bisa disampaikan secara individu. 4) tahap penutup: dalam metode Yanbu‟a, sebelum guru mengakhiri pembelajaran, guru membaca doa sebelum mengakhiri pembelajaran untuk selanjutnya membaca salam.