PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI NEGERI 1 BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | TITA ROSITA, NIM. 142330530 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4047/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4047/3/TITA%20ROSITA_PENGARUH%20POLA%20ASUH%20DEMOKRATIS%20ORANG%20TUA%20TERHADAP.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4047/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya faktor keluarga guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Khususnya faktor pola asuh demokratis orang tua. Orang tua yang mendidik anak secara demokratis secara otomatis akan memenuhi kebutuhan anak, termasuk kebutuhan belajar anak, memperhatikan perkembangan anak di sekolah, memotivasi anak untuk belajar dengan baik, sehingga anak akan tumbuh secara optimal dan memiliki prestasi yang baik. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh antara pola asuh demokratis orang tua dengan prestasi belajar siswa di MI Negeri 1 Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh demokratis orang tua dengan prestasi belajar siswa di sekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kuantitatif, survey. Lokasi penelitian ini adalah di MI Negeri 1 Banyumas. Objek penelitian ini yaitu pola asuh demokratis orang tua dan prestasi belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 112 keluarga siswa yang terdiri dari kelas V Abu Bakar, V Umar, V Utsman dan V Ali. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisi regresi linear sederhana. Berdasarkan penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap prestasi belajar siswa. pengaruhnya yaitu sebesar 9,6%. Sedangkan sisanya 90,4% dipengaruhi oleh pengaruh lain seperti pola pengasuhan yang lain seperti otoriter, intelegensi, minat, motivasi, bakat, pendekatan belajar dan lain sebagainya.