PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL PADA SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRKURIKULER DRUMBAND DI MI MA’ARIF NU 1 KALISARI KEC. CILONGOK KAB. BANYUMAS

Main Author: SUSI ROSIAMAH, 1423305261
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4015/2/SKRIPSI%20SUSI%20BAB%201%2CBAB%205%2C%20%2CDAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4015/3/SKRIPSI%20SUSI%20FULL.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4015/
ctrlnum 4015
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4015/</relation><title>PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL PADA SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRKURIKULER DRUMBAND&#xD; DI MI MA&#x2019;ARIF NU 1 KALISARI KEC. CILONGOK &#xD; KAB. BANYUMAS</title><creator>SUSI ROSIAMAH, 1423305261</creator><subject>2x7.3208 Peserta Didik</subject><subject>2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah</subject><description>Ada banyak kecerdasaan yang dimiliki oleh setiap anak. Kecerdasan tersebut meliputi kemampuan yang beragam (multiple intelligences). Musik sangat berkaitan dengan kecerdasan. Dengan belajar musik maka dapat meningkatkan kecerdasan pada anak. Kecerdasan musikal merupakan kecerdasan utama pada anak yang didalamnya meliputi kepekaan terhadap ritme, pola titi nada, warna nada, dan bentuk-bentuk ekspresi emosi musikal. Masih banyak beberapa sekolah yang masih belum memberikan perhatian terhadap pengembangan kecerdasan musikal yang dimiliki anak secara optimal. Oleh karena itu penting bagi lembaga pendidikan seperti sekolah untuk mengembangkan kecerdasan musikal yang dimiliki anak. Salah satunya yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler drumband. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana pengembangan kecerdasan musikal pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler drum band di MI Ma&#x2019;arif NU 1 Kalisari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, pembina ekstrakurikuler drum band, pelatih ekstrakurikuler drum band, siswa yang mengikuti ekstrakurikuler drum band. objek yang dikaji adalah bagaimana pengembangan kecerdasan musikal melalui kegiatan ekstrakurikuler drum band di MI Ma&#x2019;arif NU 1 Kalisari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Sedangkan untuk menganalisis data dengan yang diperoleh, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: Pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. &#xD; Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti tentang pengembangan kecerdasan musikal pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler drum band di MI Ma&#x2019;arif NU 1 Kalisari adalah Penyeleksian dan pendaftaran peserta kegiatan ekstrakurikuler drum band dilakukan dengan cara memberi kebebasan kepada siswa dalam memilih ekstrakurikuler yang anak sukai dan sesuai kemampuan. Namun ada peserta yang memang karna dipilih oleh wali kelas dan direkomendasikan ke pembina. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler drum band meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilian. Perencanaan merupakan tahap awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan kegiatan dilaksanakan. Perencanaan yang baik maka akan tercipta proses pengembangan yang baik. Peyeleksian dilakukan untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki anak, dan penilaian dilakukan dengan cara memantau perkembangan kecerdasan musikal yang dimiliki anak. Hasil pengembangan kecerdasan musikal melalui kegiatan ekstrakurikuler drum band ini dapat mengembangkan kecerdasan musikal dengan ciri-ciri kemampuan yang dimiliki seperti paham terhadap bunyi-bunyian yang ada disekitarnya, anak lebih cepat mengingat melodi dari sebuah lagu, anak memiliki suara yang indah, anak menyukai permainan alat-alat musik dan terlibat dalam kegiatan yang berhubungan dengan musik seperti paduan suara atau drum band, antusias yang tinggi terhadap musik, dan memainkan alat musik.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4015/2/SKRIPSI%20SUSI%20BAB%201%2CBAB%205%2C%20%2CDAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4015/3/SKRIPSI%20SUSI%20FULL.pdf</identifier><identifier> SUSI ROSIAMAH, 1423305261 (2018) PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL PADA SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRKURIKULER DRUMBAND DI MI MA&#x2019;ARIF NU 1 KALISARI KEC. CILONGOK KAB. BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>4015</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SUSI ROSIAMAH, 1423305261
title PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL PADA SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRKURIKULER DRUMBAND DI MI MA’ARIF NU 1 KALISARI KEC. CILONGOK KAB. BANYUMAS
publishDate 2018
isbn 9781423305262
topic 2x7.3208 Peserta Didik
2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4015/2/SKRIPSI%20SUSI%20BAB%201%2CBAB%205%2C%20%2CDAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4015/3/SKRIPSI%20SUSI%20FULL.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4015/
contents Ada banyak kecerdasaan yang dimiliki oleh setiap anak. Kecerdasan tersebut meliputi kemampuan yang beragam (multiple intelligences). Musik sangat berkaitan dengan kecerdasan. Dengan belajar musik maka dapat meningkatkan kecerdasan pada anak. Kecerdasan musikal merupakan kecerdasan utama pada anak yang didalamnya meliputi kepekaan terhadap ritme, pola titi nada, warna nada, dan bentuk-bentuk ekspresi emosi musikal. Masih banyak beberapa sekolah yang masih belum memberikan perhatian terhadap pengembangan kecerdasan musikal yang dimiliki anak secara optimal. Oleh karena itu penting bagi lembaga pendidikan seperti sekolah untuk mengembangkan kecerdasan musikal yang dimiliki anak. Salah satunya yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler drumband. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana pengembangan kecerdasan musikal pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler drum band di MI Ma’arif NU 1 Kalisari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, pembina ekstrakurikuler drum band, pelatih ekstrakurikuler drum band, siswa yang mengikuti ekstrakurikuler drum band. objek yang dikaji adalah bagaimana pengembangan kecerdasan musikal melalui kegiatan ekstrakurikuler drum band di MI Ma’arif NU 1 Kalisari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Sedangkan untuk menganalisis data dengan yang diperoleh, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: Pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti tentang pengembangan kecerdasan musikal pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler drum band di MI Ma’arif NU 1 Kalisari adalah Penyeleksian dan pendaftaran peserta kegiatan ekstrakurikuler drum band dilakukan dengan cara memberi kebebasan kepada siswa dalam memilih ekstrakurikuler yang anak sukai dan sesuai kemampuan. Namun ada peserta yang memang karna dipilih oleh wali kelas dan direkomendasikan ke pembina. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler drum band meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilian. Perencanaan merupakan tahap awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan kegiatan dilaksanakan. Perencanaan yang baik maka akan tercipta proses pengembangan yang baik. Peyeleksian dilakukan untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki anak, dan penilaian dilakukan dengan cara memantau perkembangan kecerdasan musikal yang dimiliki anak. Hasil pengembangan kecerdasan musikal melalui kegiatan ekstrakurikuler drum band ini dapat mengembangkan kecerdasan musikal dengan ciri-ciri kemampuan yang dimiliki seperti paham terhadap bunyi-bunyian yang ada disekitarnya, anak lebih cepat mengingat melodi dari sebuah lagu, anak memiliki suara yang indah, anak menyukai permainan alat-alat musik dan terlibat dalam kegiatan yang berhubungan dengan musik seperti paduan suara atau drum band, antusias yang tinggi terhadap musik, dan memainkan alat musik.
id IOS3655.4015
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2018-08-01T13:41:23Z
last_indexed 2020-01-16T04:49:19Z
recordtype dc
_version_ 1763141797008113664
score 17.538404