PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: PUTRI FAJAR KURNIAWATI, NIM. 1323305035
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4003/2/COVER_%20BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4003/3/PENGARUH%20MOTIVASI%20BELAJAR%20SISWA%20TERHADAP%20PRESTASI%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20DI%20MIDIPONEGORO%20KECAMATAN%20PU.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4003/
Daftar Isi:
  • Aktivitas belajar siswa merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika. Selain itu, model pembelajaran guru yang digunakan untuk mengajar juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika. Kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru juga dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika. Dari berbagai faktor yang telah disebutkan, Motivasi menjadi salah satu faktor yang berkontribusi cukup besar dalam mempengaruhi prestasi belajar matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika di MI Diponegoro 03 Karangklesem? dan seberapa besar pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di MI Diponegoro 03 Karangklesem? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Lokasi dilakukannya penelitian yaitu di MI Diponegoro 03 Karangklesem. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 37 siswa dengan rincian 20 siswa kelas IV dan 17 siswa Kelas V. Variabel independen dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa (X) sedangkan variabel dependennya adalah prestasi belajar matematika (Y). Metode yang digunakan untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode angket dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket dan tes (soal matematika pilihan ganda). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji regresi linear sederhana yang berfungsi untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di MI Diponegoro 03 Karangklesem. Hal ini dibuktikan dari hasil uji regresi diperoleh hasil nilai t hitung sebesar 3,090 dengan tingkat signifikansi 0,004 lebih kecil dari 0,05. Motivasi belajar siswa di MI Diponegoro 03 Karangklesem menunjukkan nilai presentase sebesar 75,12%, berada pada kategori tinggi. 2) Besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika adalah 21,4% sedangkan sisanya 78,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar yang diteliti.