Kompetensi Pedagogik Guru PAI SD di Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Hartuti, Ikawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/398/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka_Lampiran.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/398/2/SKRIPSI%20FULL%20HARTUTI%20IKAWATI_1123304070.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/398/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI SD di Kecamatan Wangon yang mencakup: (1) pemahaman wawasan atau landasan kependidikan oleh guru, (2) pemahaman terhadap peserta didik oleh guru, (3) pengembangan kurikulum dan silabus oleh guru, (4) perancangan atau perencanaan pembelajaran oleh guru, (5) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, (6) evaluasi hasil belajar, (7) pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan (8) pengembangan peserta didik oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pengambilan sampel dan diperoleh hasil 27 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk mengetahui reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach..Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kompetensi pedagogik guru PAI SD di Kecamatan Wangon termasuk dalam kategori tinggi. Secara lebih rinci mengenai masing-masing sub kompetensi pedagogik guru tersebut sebagai berikut. (1) Guru dalam memahami wawasan atau landasan kependidikan termasuk kategori tinggi dengan persentase 61,11%. (2) Guru dalam memahami peserta didik termasuk kategori tinggi dengan persentase 66,97%. (3) Guru dalam mengembangkan kurikulum dan silabus termasuk kategori tinggi dengan persentase 65,99%. (4) Guru dalammerancanakanpembelajarantermasukkategoritinggidenganpersentase 67,25%. (5) Guru da lam melaksanakanpembelajaran yang mendidik dan dialogis termasuk kategori tinggi dengan persentase 68,45%. (6) Guru da lam mengevaluasi hasil belajar termasuk kategori tinggi dengan persentase 67,96%. (7) Guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran termasuk kategori tinggi dengan persentase 67,96%. (8) Guru dalam mengembangkan peserta didik termasuk kategori tinggi dengan persentase 65,74%.