STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 JATISABA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | Siti, Salamah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/391/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka_lampiaran.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/391/2/SKRIPSI%20PDF%20FULL%20SITI%20SALAMAH%20-1123304130.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/391/ |
Daftar Isi:
- Guru dituntut memiliki multi peran agar mampu menciptakan kondisi belajar yang efektif sehingga prestasi belajar siswa meningkat, bisa menempatkan dirinya disamping siswa, melibatkan siswa di setiap pembelajaran. Permasalahan yang akan dibahas adalah :”Apa Saja Strategi yang Diterapkan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Jatisaba kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Jatisaba Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah guru PAI, siswa dan Kepala SD Negeri 2 Jatisaba sedangkan obyek penelitian ini adalah strategi pembelajaran dalam pembelajaran PAI.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kulaitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Teknik ini digunakan sebagai acuan untuk penulisan hasil penelitian untuk mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikansebagaihasilakhirdaripenelitiansehinggadapatmemberikanpemahaman yang semestinya. Hasil penelitiannya adalah strategi yang digunakan dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Jatisabayaitu : strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran aktif jenis peer liason, guided note taking, card sort dan indek card macth. Penerapan strategi pembelajaran tersebut juga sudah berjalan dengan baik sehingga berefek positif terhadap siswa dan menjadikan siswa termotivasi, aktif dan bersemangat untuk belajar.