PENANAMAN NILAI-NILAI DISIPLIN MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMA’AH DI SMP MUHAMMADIYAH SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | SURTIYAH, NIM. 1423301204 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3886/1/COVER-DAFTAR%20ISI_BAB%20I-BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3886/2/SURTIYAH_PENANAMAN%20NILAI-NILAI%20DISIPLIN%20%20MELALUI%20PEMBIASAAN%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3886/ |
Daftar Isi:
- Penanaman merupakan suatu cara atau proses menanamkan. Nilai adalah keyakinan yang membuat seseorang bertindak atas dasar pilihannya. Shalat berjama‟ah merupakan shalat yang terdiri dari imam dan makmum. Menanamkan nilai disiplin merupakan bagaimana cara pendidik dalam usahanya melalui pembiasaan shalat berjama‟ah sehingga akan menjadi tugas bagi siswa untuk senantiasa mengerjakan sesuatu sesuai dengan nilainilai yang telah diajarkan. Jenis Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research)yang bersifat kualitatif. Dalam penelitian yang penulis lakukan di SMP Muhammadiyah Sokaraja subjek penelitianya yaitu kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yaitu menggunakan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan shalat berjama‟ah diantaranya shalat dzuhur berjama‟ah, shalat dhuha berjama‟ah, dan shalat jum‟at. Nilai-nilai disiplin yang terkandung di dalam shalat berjama‟ah adalah disiplin dalam menjaga kebersihan dari kotoran dan najis kecil, disiplin dalam melaksanakan aturan yang ada dalam shalat, latihan kepemimpinan, serta menjaga solidaritas