IMPLEMENTASI METODE QIRAATI PADA PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-FALAH BOBOSAN PURWOKERTO UTARA BANYUMAS
Main Author: | SYITAMI GIRI CANDANI, NIM. 1423301248 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3875/1/COVER%20_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3875/2/IMPLEMENTASI%20METODE%20QIRAATI%20PADA%20PEMBELAJARAN%20MEMBACA%20AL-QURAN%20DI%20TPQ%20AL-FALAH%20BOBOSAN%20PURWOKERTO.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3875/ |
Daftar Isi:
- Dalam belajar membaca Al-Qur‟an, banyak sekali metode yang dapat digunakan , salah satunya adalah dengan metode Qiraati. Metode Qiraati adalah Salah satu metode pembelajaran membaca Al-Qur‟an dengan membiasakan membaca dengan benar, lancar, cepat dan tepat sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwid yang benar. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi metode Qiraati pada pembelajaran membaca Al-Qur‟an di TPQ AlFalah Bobosan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas?. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, Penelitian ini menggambarkan keadaan yang sebenarnya dalam proses pembelajaran metode Qiraati di TPQ AlFalah. Metode yang penulis gunakan untuk memperoleh data-data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode qiraati pada pembelajaran membaca Al-Qur‟an di TPQ Al-Falah Bobosan Purwokerto Utara Banyumas pembelajaran dilaksanakan 6 kali dalam satu minggu, yaitu hari senin sampai sabtu. Pembelajaran yang dilakukan harus berdasarkan pada prinsip Lancar, Tepat, Cepat, dan Benar (LCTB). Strateri yang digunakan yaitu Individual, Klasikal Individual dan klasikal Baca Simak. Evaluasi yang di gunakan di TPQ Al-Falah yaitu evaluasi harian atau kenaikan halaman, evaluasi kenaikan jilid, dan IMTAS (Imtihan dan Tashih Akhir Santri). Tes pelajaran yaitu tes kemampuan membaca setiap hari pada pelajaran yang telah atau sedang dipelajari. Tes kenaikan jilid yaitu tes kemampuan membaca setiap siswa yang telah selesai menyelesaikan pelajarannya pada tiap jilid. Tes IMTAS yaitu tes yang dilakukan setelah siswa menyelesaikan seluruh jilid, tes ini oleh koordinator cabang.