INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER HADRAH DI SMK MIFTAHUL HUDA RAWALO KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | ERA ADEVIYANI, NIM. 1423301220 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3852/1/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I-BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3852/2/ERA%20ADEVIYANI_INTERNALISASI%20NILAI-NILAI%20KARAKTER%20%20%20%20%20%20%20%20%20%20%20%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3852/ |
Daftar Isi:
- Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah internalisasi nilai-nilai karakter terhadap peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler hadrah di SMK Miftahul Huda Rawalo. Latar belakang dari penelitian ini adalah adalah karena maraknya kasus tawuran antar pelajar, antar mahasiswa dan antar kampung serta munculnya anggapan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter yang belum optimal. Karena pendidikan karakter disebagian besar sekolah kita baru sebatas wacana, sehingga belum mampu diaplikasikan secara keseluruhan.untuk itu nilai-nilai karakter perlu ditanamkan terhadap peserta didik terutama usia SMA/SMK atau remaja. Dalam penanaman nilai sekolah melakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler, termasuk ekstrakurikuler hadrah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “ Bagaimana internalisasi nilai-nilai karakter peserta didik melalui ekstrakurikuler hadrah di SMK Miftahul Huda Rawalo?” tujuan penelitian ini adalah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi dan wawasan lebih luas tentang Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik melalui Ekstrakurikuler Hadrah di SMK Miftahul Huda Rawalo Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SMK Miftahul Huda Rawalo. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina hadrah, guru, peserta didik dan masyarakat.. pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang internalisasi nilai-nilai karakter peserta didik melalui ekstrakurikuler hadrah yaitu berjalan dengan cukup baik melalui keteladanan, pembiasaan, nasihat atau evaluasi. Sebelas dari delapan belas nilai karakter dapat diinternalisasikan terhadap peserta didik. Nilai tersebut adalah nilai religius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli sosial dan tanggung jawab.