PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI AL-MA’ARIF 01 KERTAYASA KECAMATAN MANDIRAJAKABUPATEN BANJARNEGARA
Main Author: | USWATUN KHASANAH, NIM. 1423305132 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3833/1/COVER_BAB%20I%20_BAB%20V_DAFTARPUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3833/2/USWATUN%20KHASANAH_PENGARUH%20KREATIVITAS%20GURU%20TERHADAP%20MINAT%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20IPA%20K.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3833/ |
Daftar Isi:
- Minat belajar siswa merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dari pembelajaran. Karena jika dalam diri siswa tidak ada dorongan kemauan untuk belajar tentu keberhasilan belajar akan sulit tercipta walaupun pendidik telah mengupayakan kompetensinya. Guru harus mampu menjadi inspirasi bagi siswa sehingga siswa akan lebih terpacu minat belajarnya. Kreativitas guru dalam pembelajaran dapat menjadi solusi untuk memecahkan masalah mengenai kurangnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Al-Ma’arif 01 Kertayasa Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif dan mengambil lokasi di MI Al-Ma’arif 01 Kertayasa Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas V A dan B yang berjumlah 41. Penelitianinitidakmenggunakantekniksampel ataudisebutdenganpenelitianpopulasi sehingga menggunakan sampel jenuh. Teknik pengambilan datanya menggunakan wawancara, angket, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rumus regresi linear. Hasil dari penelitian ini menunjukkan besarnya nila sig. < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti variabel kreativitas guru IPA kelas V dalam pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa. Besarnya koefisien determinasinya (R^2) yakni 0,245 atau 24,5% yang berarti besarnya pengaruh dari kreativitas guru IPA kelas V dalam pembelajaran terhadap minat belajar siswa sebesar 24,5% dan sisanya 75,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Persamaan regresi yang terbentuk yaitu Y = 29,569 + 0,802 X, jadi minat belajar siswa akan meningkat seiring dengan meningkatnya kreativitas guru IPA kelas V dalam pembelajaran sebanyak 0,802 kali.