RESPON SISWA TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN MUTU TERPADU DI SMA NEGERI 1 SAMPANG KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP
Main Author: | Titi Irmawati, NIM. 1423303035 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3831/1/COVER_BAB%201_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3831/2/TITI%20IRMAWATI_RESPON%20SISWA%20TERHADAP%20LAYANAN%20PENDIDIDIKAN%20MUTU%20TERPADU%20DI%20SMA%20NEGERI%201%20SAMPANG%20KEC.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3831/ |
Daftar Isi:
- Manajemen mutu lembaga pendidikan sebagai sebuah organisasi harus selalu berprinsip pada pemenuhan kebutuhan pelanggan dengan sebaik-baiknya. Dalam upaya pemenuhan kebutuhan pelanggan, budaya kerja yang baik oleh sumber daya manusia merupakan unsur yang memiliki peran sentral dalam sebuah sistem manajemen mutu pendidikan. Hal yang terpenting dari kepuasan siswa adalah dampak dari ketercapaian kepuasan yang dirasakan oleh siswa atas pelayanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah, karena dengan tercapainya kepuasan siswa maka dapat meningkatkan kinerja siswa sehingga akan dapat mencapai prestasi belajar yang tinggi. Dengan demikian, akan tercipta sebuah respon positif yang baik terhadap layanan pendidikan yang siswa berikan kepada lembaga pendidikan yaitu sekolah. Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana respon siswa terhadap layanan pendidikan mutu terpadu di SMA Negeri 1 Sampang Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap layanan pendidikan mutu terpadu yang ada di SMA Negeri 1 Sampang. Jenis penelitian yang penulis gunakan yaitu penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kuantitatif. Dimana pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian dengan data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian sesuai dengan metode statistik yang digunakan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan karakteristik sesuatu sebagaimana adanya. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian siswa-siswi SMA Negeri 1 Sampang dengan jumlah sampel 248 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan penulis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap layanan pendidikan mutu terpadu di SMA Negeri 1 Sampang Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap yaitu memberikan respon positif dengan perolehan prosentase tertinggi ialah 48,20% dengan rata-rata skor 167,21. Dimana respon dalam hal ini difungsikan dan diartikan sebagai penilaian siswa terhadap layanan pendidikan mutu terpadu di di SMA Negeri 1 Sampang.