Daftar Isi:
  • Banyaknya metode untuk mempelajari membaca Al-Qur’an, diantaranya adalah metode Qiroati. Metode Qiroati adalah Salah satu metode pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan membiasakan membaca dengan benar, lancar, cepat dan tepat sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwid. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran membaca al-Qur’an dengan menggunakan metode qiroati di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung?. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Penelitian ini menggambarkan keadaan yang sebenarnya dalam proses pembelajaran membaca Al Qur’an dengan menggunakan metode Qiroati di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung. Metode yang penulis gunakan untuk memperoleh data-data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Qiroati di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung dilaksanakan 6 kali dalam seminggu. Langkah-langkah guru dalam proses pembelajaran di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung adalah pertama kegiatan pendahuluan meliputi mempersiapkan dan mengkondisikan santri terlebih dahulu. Kemudian setelah mengkondisikan santri, ada kegiatan klasikal dulu dan dilanjutkan kegiatan inti yaitu membaca qiroati. Setelah kegiatan yaitu kegiatan penutup yaitu ustadz/ustadzah memberikan materi tambahan yang ada buku materi tambahan. Evaluasi yang di gunakan di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung yaitu dengan tes lisan juga tertulis yang dievaluasi oleh ustadz/ustadzah kelas masing – masing dan baru kepala TPQ jika akan menaikkan jilid santri.